Menteri LHK Siti Nurbaya Dinobatkan Sebagai Ibu Manggala Agni

  • Whatsapp
Menteri LHK Siti Nurbaya (pegang bunga) dianugerahi Ibu Manggala Agni

Jakarta, beritalima.com| – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, dinobatkan  anugerah sebagai Ibu Manggala Agni, Ibu Patriot Langit Biru, dalam acara peringatan HUT ke-22 Manggala Agni di Posko Operasi Taktis MA Nusantara, Samboja, Kalimantan Timur (13/9.

“Keberhasilan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, tak lepas dari perhatian dan bimbingan Ibu Menteri kepada kami. Ibu juga telah memperjuangkan status hampir seluruh anggota Manggala Agni se Indonesia, dua ribuan orang menjadi tenaga Fungsional atau P3K,” ujar Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim/PPI Laksmi Dhewanthi.

Simbolisasi anugerah diberikan dalam bentuk pemasangan jaket bertuliskan Manggala Agni. Suasana haru menyertai, karena momen ini bersamaan berakhirnya masa jabatan periodisasi Siti Nurbaya setelah dua periode dipercaya Presiden Jokowi sebagai Menteri LHK (2014-2024).

Dimasanya Indonesia menemukan pola pengendalian Karhutla secara permanen. Tidak lagi ada bencana asap secara nasional dan lintas batas. Terjadi penurunan hotspot dan luasan terbakar, hingga kuatnya komitmen perlindungan gambut dan penegakan hukum lingkungan.

“Anugerah ini kami sematkan sebagai ungkapan terimakasih kami. Ibu Menteri Siti Nurbaya adalah Ibu Manggala Agni, Ibu Patriot Langit Biru,” puji Laksmi.

Dari lembaga internasional, Global Fire Monitoring Center (GFMC) turut memberi penghargaan Global Landscape Fire Award 2019, sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah Indonesia dan seluruh stakeholders dalam upaya pengendalian Karhutla pasca kejadian dahsyat di 2015.

Penghargaan ini diserahkan Koordinator GFMC Johann Georg Goldammer, kepada Siti Nurbaya yang dinilai berhasil melakukan berbagai langkah koreksi menyeluruh dalam mengurangi dampak buruk karhutla terhadap lingkungan dan kemanusiaan secara global.

“Terimakasih atas kebersamaan kita selama 10 tahun ini. Saya juga minta maaf kalau ada yang dirasa kurang pas. Dirgahayu ke-22 Manggala Agni. Terima kasih untuk pengabdian dalam senyap menjaga Negeri kita bebas bencana Karhutla dan asap. Kalianlah Patriot Langit Biru Indonesia,” ucap Siti Nurbaya.

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait