Menteri PDTT Sambangi Halmahera Barat

  • Whatsapp

JAILOLO, beritalima.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo, melakukan kunjungan kerja di kabupaten Halmahera Barat,  sekaligus peresmian 125 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan penyerahan bantuan secara simbolis kepada 12 BUMDes, serta penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BRI, Sabtu (15/4/2017).‎

Menteri PDTT Eko Putro Sandjojo, langsung mengunjungi lokasi pembangunan Kota Pertanian (Agropolitan) di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Dalam kunjungannya, Menteri Desa di dampingi oleh, Penasehat DWP KDPDTT Ibu Sri Megar Darmi, Pendamping Menteri Adi Wibowo dan Adi Wicaksono, Staf Khusus Menteri Risharyudi Triwibowo, Kabag Protokol Darman Nasution, ADC Menteri Teguh Arifin, ADC Penasehat DWP KDPDTT Ibu Anita Feronnica, Anggota DPR-RI Ibu Irene Yusiana Roba Putri, Direktur PPMD Taufik Majid, Dirut Bank BRI, Dirut Bulog.

Selain meninjau lokasi pembangunan Agropolitan, ia juga meletakkan Batu Pertama pembangunan Embung sekaligus Penanaman Jagung Perdana secara Simbolis yang didampingi oleh Bupati Halbar, Anggota DPR RI Irene Roba Putri serta Para Forkopimda Halbar di Desa Sidodadi Kecamatan Sahu Timur.

Peletakan Batu Pertama pembangunan Embung Desa‎ Dan kegiatan itu dilanjutkan dengan peninjauan BUMDes dan Lokasi Pembangunan Agropolitan, Desa Golago Kusuma, lalu menuju Desa Air Panas dengan Agenda peninjauan Stand BUMDes dan pelepasan Bibit Ikan Nila di kolam ikan milik BUMDes, Desa Air Panas.

pelepasan Bibit Ikan Nila di kolam ikan milik BUMDes, Desa Air Panas.

Selain itu, Menteri PDT ini bertatap muka dengan para Kades dan perangkat desa serta para pengurus BUMDes sekaligus melantik mereka. Juga dilakukan Penyerahan Bantuan Berupa Uang Tunai Sebesar Rp. 50.000.000 oleh Menteri Desa kepada perwakilan Pengurus BUMDes se – Halbar.

Bupati Halbar Danny Missy dalam laporannya mengatakan, Halbar terkenal pertanian Holtikultura, jadi saat ini akan dibangun embung Desa, guna mengantisipasi ketersediaan Air bagi lahan pertanian.

Bupati yang mewakili warga Halbar ini menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri Desa karena telah meluangkan waktu untuk berkunjung.

“Halbar dan atas nama seluruh Masyarakat Kab Halbar akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyambut serta melaksanakan program dari Kementrian Desa dalam hal membangun desa demi kemajuan bangsa”, katanya.

Anggota DPR RI, Irene Hui Roba Putri dalam sambutannya menyampaikan merespon keluh-kesah warga Halbar yang sangat membutuhkan perhatian Pemerintah Pusat dalam berbagai hal.

Irene juga memberikan apresiasi kepada menteri Desa karena sudah bersedia datang, sebagai bentuk perhatian pada masyarakat Halbar. Ia menyatakan, Bupati Halbar tidak main-main karena berhasil mengajak menteri datang ke negeri yang selama ini dikenal dengan 3 T (tertinggal, terpencil dan terluar).

Terpisah, Eko Putro mengatakan, kunjungan ini guna meninjau lokasi Pembangunan Agropolitan yang nantinya dikelola langsung oleh BUMDes Desa setempat, karena ini sesuai dengan program Presiden dimana membangun Indonesia dimulai dari Desa agar pembangunan itu bisa langsung menyentuh dengan masyarakat.

Untuk itu, dirinya berharap pada para Kades bisa secara maksimal mengelola Dana Desa (DD). Dan DD yang dikucurkan pemerintah pusat akan mengalami peningkatan setiap tahun kedepan. Lanjut Eko, dari DD yang begitu besar bisa dimanfaatkan semua untuk masyarakat dan LPJ dilakukan secara transparan. Dia juga mengakui Halbar merupakan wilayah berpotensi untuk pertanian. “Jadi diutamakan pembangunan yang meningkatkan taraf ekonomi masyarakat”, tutur dia.

Ia juga berharap para Kades agar bisa membangun kerja sama dengan pengusaha sehingga masyarakat tidak kerepotan menyalurkan hasil pertanian dan bila hasil pertanian meningkat, dengan sendirinya Bank akan memberikan bantuan.

Berkait itu, Eko mengaku pihaknya sudah membuat MoU dengan TNI dimana semua program pemerintah di Desa didampingi oleh pihak TNI yang ada di desa (Babinsa). “Selain itu pada tahun 2018 kami juga akan membangun PT. BUMDes Nusantara untuk mendukung program BUMDes setempat,”pungkasnya. (ssd) ‎

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *