Meriah, KPU Sampang Sukses Gelar Kirab Maskot Pilkada 2024

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang sukses laksanakan kirab maskot “Si Jalih” untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, serta maskot “Sakor & Sami” untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Sampang 2024, Kamis (8/8/2024) malam.

Hadir dalam kegiatan yg di gelar di Alun Alun Trunojoyo Sampang tersebut, PJ Bupati Sampang Rudi Arifianto, yang diwakili asisten 1 bagian pemerintahan dan kesra Pemkab Sampang Sudarmanto, perwakilan KPU Jawa Timur, KPU Pamekasan, Forkopimda serta perwakilan KPU seluruh kota se-Jawa Timur.

Diselingi dengan penampilan sejumlah kelompok musik Daul, tari tradisional, live musik, dan OG. Al Ifrah, ketua KPU Sampang Aliyanto mengatakan, Kirab Maskot ini sebagai upaya optimalisasi sosialisasi dan pendidikan pemilih pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 27 November mendatang.

Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai simbol selesainya proses pemutakhiran data pemilih untuk pilkada serentak 2024 yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) selama sebulan, mulai 24 Juni – 24 Juli 2024 lalu.

“Dan terpenting tujuan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada 2024 mendatang,” katanya.

Menurutnya, Maskot Pilkada Sampang dulunya dikenal dengan nama Kalampok (Jambu Air) yg merupakan komoditas holtikultura unggulan di Kabupaten Sampang. Dia juga mengungkapkan untuk saat ini tagline KPU Sampang memiliki tagline yg sama dengan KPU Jatim.

“Kita kok agak kompak ya, ternyata kita memiliki Tagline yg agak sama, Yaitu Seneng Bareng dan Akor Salanjhengah artinya seneng bareng dan damai selamanya,” jelasnya.

Dengan tagline ini semoga bisa menjadikan Pilkada 2024 yg menyenangkan sehingga masyarakat bisa memilih dengan tenang dan aman pada 27 November nanti.

“Kami akan bersungguh-sungguh dan bekerja keras untuk melaksanakan setiap tahap demi tahapan. kemarin kita sudah menetapkan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) tingkat Desa dan Kecamatan, untuk selanjutnya pada tanggal 10 kita akan menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan tanggal 27 – 29 kita lanjutkan pendaftaran pasangan calon,” ucapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Jatim Miftahur Rozaq menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sampang yang telah mendukung dalam menyukseskan pilkada serentak 2024.

“Kami menyampaikan ribuan terima kasih kepada Pemkab sampang atas dukungan anggaran fasilitas dalam rangka pelaksanaan pilkada serentak,” ucapnya.

Rozak mengungkapkan, pelaksanaan kirab maskot ini adalah adopsi kirab pemilu tahun 2024 yg sukses di jawa timur dan sangat luar biasa meskipun tidak lewat jalur Madura raya.

Kirab maskot ini ada dua jalur, jalur pertama dimulai dari Sumenep pada 31 Juli 2024, lalu dilanjutkan ke pamekasan dan malam ini di kabupaten sampang.

“Ide Kirab Maskot ini program KPU Jawa Timur, satu-satunya kirab maskot se indonesia yg murni kreasi dari KPU Jatim,” ungkapnya.

“Mari kita tunjukkan Kabupaten Sampang memiliki nilai-nilai integritas nilai-nilai demokrasi yang berkualitas dalam pelaksanaan Pilkada serentak,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Pj Bupati Sampang yg di wakili Asisten 1 Pemerintahan mengapresiasi KPU Sampang yang telah melaksanakan tugas tahapan demi tahapan dengan baik dalam Pilkada serentak 2024.

“Semoga Prosesnya berjalan dengan lancar. Pilkada ini sangat penting karna menentukan nasib Sampang lima tahun ke depan,” pungkasnya. (FA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait