Momen Bersejarah, Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Keluar Dari Jakarta

  • Whatsapp
Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi tiba di Balikpapan (foto: istimewa)

Jakarta, beritalima.com|- Momen bersejarah dalam peringatan Hut RI ke-79 tahun ini, dimana proses kirab bendera duplikat Sang Merah Putih dan teks proklamasi dibawa keluar dari Jakarta menuju menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (10/8).

Peringatan Hut Proklamasi RI ke-79 kali ini, diperingati di dua tempat pada 17 Agustus nanti. Pertama di Istana Negara Jakarta, dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan di IKN dipimpin Presiden Jokowi

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, menjelaskan, “yang menarik dari kirab kali ini adalah rutenya. Biasanya, rute kirab hanya dari Monas ke Istana Merdeka, tetapi kali ini kita menciptakan sejarah dengan menyelenggarakan kirab dari Monumen Nasional menuju ke Ibu Kota Nusantara.”

Kirab dipimpin oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan diawali dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang ada di Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional dari Kepala Sekretariat Presiden kepada Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila.

Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Dan yang bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

Acara kirab juga melibatkan sekitar 180 Abang-None dari DKI Jakarta, 122 Purna Paskibraka Provinsi DKI Jakarta, serta siswa-siswi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), politeknik, dan pamong praja. Tak hanya itu, kesenian dan kearifan lokal juga turut diangkat untuk mengiringi kirab tersebut, menciptakan nuansa budaya yang kuat sepanjang perjalanan.

Rombongan kirab lalu diangkut dengan Pesawat TNI AU dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan.

Di Balikpapan, rombongan disambut dengan pasukan kehormatan dari Paspampres, Purna Paskibraka Provinsi Kalimantan Timur, serta kearifan lokal yang melibatkan anak-anak sekolah di sepanjang rute menuju IKN.

Tampak ikut mendampingi perjalanan kirab dari Balikpapan adalah Pj Gubernur KaltimĀ  Akmal Malik bersama Kapolda Kaltim, Pangdam VI/Mulawarman, serta perwakilan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) hingga tiba di IKN sekitar jam 15.57 waktu Indonesia Tengah.

Jurnalis: Rendy/Abri

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait