Momen Perayaan HUT RI, PLN Nyalakan Serentak Sambung Listrik Gratis Warga Jatim

  • Whatsapp

GRESIK, beritalima.com | Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79, PT PLN (Persero) sambung listrik gratis 155 warga tidak mampu di Jawa Timur melalui program Light Up The Dream (LUTD).

LUTD ini merupakan program bantuan pasang baru listrik berupa biaya penyambungan, biaya Sertifikat Laik Operasi (SLO) dan biaya instalasi rumah yang dananya berasal dari donasi pegawai PLN.

Bantuan pasang listrik ini dinyalakan serentak pada momentum kemerdekaan, yang acaranya dibuka oleh Direktur Legal dan Manajemen Human Capital (DIRLHC) PT PLN, Yusuf Didi Setiarto.

Didi mengatakan, program ini sebagai salah satu upaya melatih kepekaan insan PLN. “PLN tidak hanya memberikan listrik dan cahaya, namun lebih daripada itu yang utama adalah membawa peradaban,” ungkapnya.

Sebelumnya masyarakat belum bisa menikmati listrik secara utuh. Namun dengan program LUTD, pegawai PLN turut serta membantu masyarakat tak mampu untuk mendapatkan listrik secara utuh.

Melalui program ini PLN berkomitmen untuk menghadirkan akses listrik yang merata di seluruh Indonesia, menyalakan harapan bagi mereka yang belum menikmati listrik.

Hingga Agustus 2024, sebanyak 24.383 masyarakat tidak mampu di seluruh Indonesia, termasuk 2.014 warga di Jawa Timur di antaranya, mendapat manfaat dari program ini.

Acara penyalaan listrik secara serentak di Desa Bendungan, Kecamatan Duduk Sampeyan, Kabupaten Gresik, ini dihadiri General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, didampingi stakeholder yang turut mengawal dan menyambut positif kegiatan ini.

“Pada pagi hari ini serentak di berbagai wilayah Jawa Timur telah dinyalakan sambung listrik gratis untuk 155 warga tidak mampu, mulai dari Banyuwangi, Bojonegoro, Gresik, Jember, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Madura, Pasuruan, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Surabaya Barat, Surabaya Selatan, dan Surabaya Utara,” terang Agus, Kamis (15/08/2024).

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Gresik, Misbahul Munir, mengapresiasi program LUTD bertajuk “Listrik untuk Nyalakan Mimpi Indahnya Berbagi” yang berasal dari donasi insan PLN ini.

“Terimakasih, Gresik menjadi salah satu lokasi penyalaan bantuan sambung baru listrik gratis ini. Dengan adanya listrik, Bu Mu’awanah dapat memanfaatkan listrik untuk anaknya yang masih sekolah bisa belajar lebih giat, aktivitas ekonomi usaha dan lainnya sehingga manfaat dan barokah,” ujar Misbahul.

“Kami juga turut berdoa semoga rekan-rekan pegawai PLN yang ikut berdonasi dilimpahkan kesehatan dan rezeki yang barokah. Menyala terus PLN, jayalah Indonesiaku,” lanjut dia.

Penerima manfaat program LUTD, Mu’awanah yang berprofesi sebagai buruh tambak ini tidak dapat menyembunyikan rasa haru dan suka citanya.

“Selama ini kami mengupayakan mendapat bantuan pasang baru listrik dari desa tapi belum terwujud. Alhamdulillah, terimakasih PLN sudah memberikan bantuan listrik, semoga diberkahi Allah SWT. Aamiin,” ucapnya. (Gan)

Teks Foto: Penyalaan serentak sambung listrik gratis di Desa Bendungan, Kecamatan Duduk Sampeyan, Kabupaten Gresik, Kamis (15/08/2024).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait