O2SN SD Kabupaten Jombang Berangkatkan 2 Atlit Juara 1 ke Tingkat Nasional

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Tahun 2024 di Kabupaten Jombang mengantarkan dua sekolah ke tingkat nasional setelah tingkat Provinsi di Jawa Timur diketahui SDN Pojokrejo Kecamatan Kesamben Juara 1 pada cabang olahraga renang. Juga SDN Kepanjen 2 meraih nuara 1 pada cabang olah raga karate.

Kabarnya tanggal 19 Agustus 2024 ini dua cabor atlit juara 1 itu akan tampil pada O2SN tingkat nasional di Jakarta. Diketahui Baiq Aisyah Hernawangwulan Ningtyas juara 1 dari cabor renang O2SN 2024, duduk di kelas V pada usia 10 tahun SDN Pojokrejo Kesamben tahun pelajaran 2023/2024, juga pada tahun 2023 meraih juara 1 pada cabor yang sama.

Lanjutnya, Ghea Qumairah Prameswari Sekar Kinanthi, usia 10 tahun klaa V SDN Kepanjen II meraih juara pertama pada ajang O2SN 2024 cabang olahraga karate katagori perorangan. Sebelumnya tahun 2021 mengukir prestasi juga pada ajang yang sama berhasil mencetak juara I karate pada katagori perorangan dan juara II karate pada katagori regu.

Sesuai juklak juknis berdasarkan SK Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang tentang pedoman pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SD Tingkat Kabupaten Jombang tahun 2024, mengambil lima Cabang Olahraga yang dilombakan diantaranya Senam, Bukutangkis, Pencaksilat, karate, Renang, Atletik Kid.

Tingkat kejuaraan diambil juara I, II, III dan Juara Harapan I, II, III sedangkan nama juara lomba O2SN tingkat Provinsi tahun 2024 diantaranya adalah dari siswa SD Kabupaten Jombang, diantaranya adalah Baiq Aisyah Hernawangwulan Ningtyas juara I cabor renang dari SDN Pojokrejo Kesamben, Yello Vivo juara 3 dari SDN Kedunglosari 2 Tembelang. Ulya Jihan Al Ubaidah Lubis juara harapan 2 dari SDN Gadingmangu 2 Perak, Naomi Clarita Holygo juara 3 dari SD Katolik Wijana Mojoagung, Ghea Qumairah Prameswari Sekar Kinanthi juara 1 cabor karate dari SDN Kepanjen 2 Jombang, dan Davian Raditya Akbar juara Harapan 3 dari SDN Sumbergondang Kabuh.

Sesuai temanya dalam O2SN 2024 adalah Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginspirasi disasarkan pada siswa sekolah dasar negeri dan swasta se Kabupaten Jombang. Tujuannya adalah mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang olahraga. Membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat Kabupatwn, Provinsi, nasional, Internasional sejak usia sekolah.

Lomba ajang O2SN juga bertujuan mengembangkan jiwa sportifitas, kompetetif, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab. Mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga, menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air, menjalin solidaritas dan persahabatan antara peserta didik di sekolah dasar.

Jurnalis : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait