Pakai Video Animasi, Mahasiswa KKN Unipa Ajar Siswa SD Cegah ‘Bullying’

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.com | Minggu terakhir Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tambakrejo, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, para mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya terutama yang Program Kerja (Proker) Pengasuhan mengadakan sosialisasi terkait bullying di SDN Tambakrejo 2. Kegiatan ini diikuti 60 siswa Kelas VI, Senin (9/1/2023).

Ketua Program Kerja Pengasuhan KKN Unipa, Yusnita Dewi Qur’ani, mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini agar anak-anak tidak melakukan bullying (intimidasi) antar sesama, dan dapat menghentikan aksi bullying yang terjadi di sekitar mereka.

“Manfaat dari sosialisasi ini tentunya dapat meningkatkan wawasan dan kesadaran diri dari masing-masing anak untuk lebih peduli terhadap pergaulan yang mereka ikuti,” tambah Yusnita.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN yang dibimbing Widiar Onny Kurniawan SE M.Ak ini memaparkan materi dengan cara menampilkan video animasi terkait bullying. Cara pemaparan ini dilakukan untuk menarik minat dan memudahkan para siswa dalam memahami apa yang disampaikan mahasiswa KKN Unipa.

“Mengingat sasaran sosialisasi ini para siswa SD, yang mana masih kecil dan lugu serta tidak dapat memahami banyak kata yang sulit, kami memaparkan materi bullying ini dengan video animasi,” terang Yusnita.

Para siswa sangat antusias mengikuti sosialisasi ini. Ini terlihat dari respon mereka yang banyak mengacungkan tangan setiap kali mahasiswa melontarkan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Terlebih mereka yang jawabannya benar diberikan hadiah.

Juga, pemahaman para siswa atas pelajaran ini pun sesuai yang diharapkan para mahasiswa dan guru mereka. Ini juga terlihat di sesi tanya jawab. Ketika mahasiswa bertanya bagaimana tanggapan kalian jika melihat teman dibully, mereka bergantian menjawab “Membela!”, “Melaporkan kepada guru!”, dan “Menemani serta memberikan semangat!”.

Para mahasiswa KKN Unipa sendiri mengaku senang dengan kegiatan ini, karena materi yang disampaikan dapat dicerna dengan baik oleh para siswa SD. “Alhamdulillah…harapan kami kedepan sudah tidak ada lagi bully membully antar teman di sekolah, agar semua anak tetap dan selalu semangat sekolah,” ucap Yusnita.

“Sebagai orang dewasa, kami memiliki tanggung jawab untuk memberikan contoh dan mengajari mereka hal yang baik,” pungkasnya. (Gan).

Teks Foto: Mahasiswa KKN Unipa Surabaya saat memberikan ‘pelajaran’ mengenai bullying pada Siswa SDN Tambakrejo 2 di Desa Tambakrejo, Krembung, Sidoarjo, Senin (9/1/2023).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait