Pakde Karwo Usul Bangun Data Center Indonesia Incorporate

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo mengusulkan adanya pembangunanData Center Indonesia Incorporate. Langkah ini sebagai langkah revolusi data dalamera digital 4.0.

Usulan tersebut disampaikan Pakde Karwo, sapaan akrab GubernurJatim saat menggelar acara Silaturahmi dengan Jajaran BUMD Provinsi Jawa Timurdi Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (30/1) malam. Pakde Karwo yang hadir bersama Ibu Dra. Hj. Nina Soekarwo, MSi itumenjelaskan, konsep yang ditawarkan tersebut bukan berbentuk mall pelayananpublik.

Tetapi lebih menawarkan soal data-data.“Nanti bisa akan ada Dinas Pendapatan Bidang Penjualan Data denganadanya Data Center Indonesia Incorporate,” ujar Pakde Karwo.

Lebih lanjut Pakde Karwo menjelaskan, Data Center Indonesia Incorporateini perlu dilakukan karena saat ini Indonesia, termasuk Jatim memasuki dunia baru,sehingga semua melakukan proses digitalisasi.

Data Center ini bisa menghasilkankeuangan dengan menjual data yang bisa dipertanggungjawabkan, daripadamemperoleh laporan penyelia yang bisa terjadi fraud (kecurangan). “Karena orang ketemu orang itu bisa menimbulkan bahaya.

Jadi bukanpenataan terhadap struktur, tetapi perubahan struktur baru di dalam sistem tradingindustri,” jelasnya. Dalam kesempatan itu, Pakde Karwo mengapresiasi para pelaku usaha yangmenerapkan good corporate governance, yakni satu model manajemen swasta yangdilakukan.

Menurunya, saat ini terdapat perubahan besar, bukan saja perusahaanmenawarkan sesuatu dengan marketing yang kuat, tetapi sebuah perusahaanharusnya mengecek permintaan seperti apa. “Itu yang dinamakan supply chain.

Justru yang menjadi bagian permintaan itubukan penawaran atas produk-produknya,” pungkasnya.Pada kesempatan yang sama, istri Gubernur Jatim Dra. Hj. Nina Soekarwo,M.Si mengatakan, 10 tahun mendampingi Gubernur Jatim, banyak hal yang telahdiperoleh.

Hal ini merupakan kebanggaan dan kebahagiaan untuk bisa berbaktikepada masyarakat Jatim. “Kalau di birokrasi bukan 10 tahun, tetapi sejak tahun1979 sampai 2019,” ujarnya.Menurutnya, masyarakat Jatim ragamnya banyak, tetapi akur, rukun, danbahkan guyub.

Dalam hal ini, Pakde Karwo dipilih menjadi Gubernur Jatim di waktuyang tepat.
“Tidak akan sebaik ini provinsi tanpa peran dari semua pihak., termasukkeluarga. Tanpa support keluarga tidak akan bisa menghasilkan kinerja yang luarbiasa,” jelasnya.Sementara itu, Komisaris Utama Bank Jatim Dr. H. Akhmad Sukardi, MMmengatakan, berbagai konsep telah berhasil mengantarkan Jatim menjadi provinsiyang maju.

Seperti ide Jatimnomics yang telah diterapkan menjadi sukses.Termasuk ide murni Pakde Karwo tentang program loan agreement yang mampumengangkat UMKM Jatim.Dirut PT. Panca Wira Utama (PWU), Ir. H. Erlangga Satriagungmenyampaikan ucapan terima kasih atas bimbingan Pakde Karwo terhadap BUMDdi Jatim. Yang diingat dari bimbingan Pakde Karwo adalah dalam bekerja harusberada pada aturan hukum yang berlaku.

Tetapi konstruksi hukum tersebut tidakmenghambat orang untuk berprestasi. (rr).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *