Panglima TNI : “Pancasila Bukan Untuk Dipelajari Dan Dihapalkan, Tetapi Pancasila Harus Diamalkan”

  • Whatsapp

Komandan Lanud Sulaiman bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila, Rabu (1/6/2016), yang digelar di lapangan apel Staf II Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung dan diiikuti oleh seluruh personel Lanud Sulaiman baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil beserta seluruh siswa skadik.

Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Danlanud menyatakan bahwa memperingati hari kelahiran Pancasila pada tanggal 1 Juni 2016 sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulu pendiri bangsa dan sekaligus meneguhkan hati kita terhadap eksistensi Pancasila.

Dikatakan pula bahwa Pancasila yang kita pahami saat ini sebelum lahir telah melalui proses rumusan dari kurun waktu 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945 yang digagas Ir. Soekarno di depan sidang panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia menjadi titik awal Pancasila diakui sebagai dasar dan ideologi negara.

Panglima TNI menekankan kepada seluruh personel baik militer maupun PNS bahwa Pancasila bukan untuk dipelajari dan dihafalkan, tetapi Pancasila harus diamalkan dan diterapkan agar dalam sikap, tutur kata, dan perbuatan sehari-hari tercermin nilai-nilai Pancasila. Pendek kata setiap ”perbuatan yang baik dan benar“ itu adalah cerminan warga negara Indonesia Pancasilais.

“Sebagai prajurit Sapta Marga dan PNS yang berPanca Prasetya Korpri wajib hukumnya untuk memelopori memberi contoh dan teladan “berbuat yang terbaik dengan cara yang baik dan benar” baik dalam kedinasan maupun dalam lingkungan kemasyarakatan”, kata Danlanud.

Terkait dengan perkembangan situasi yang menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan masyarakat dalam implementasinya tugas-tugas TNI, Panglima TNI menyampaikan beberapa penekanan, diantaranya pertama, apapun yang dilakukan TNI senantiasa dalam rangka pemberdayaan institusi fungsional dan untuk rakyat. Kedua, TNI merupakan bagian dari sistem nasional. Ketiga, apapun yang dilakukan TNI senantiasa dilakukan bersama komponen bangsa lainnya. Keempat, segenap peran dan tugas TNI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dilakukan atas kesepakatan bangsa dan pengaturan secara konstitusional.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *