Pariwisata Banyuwangi, Bali Utara dan Barat Bakal Menjadi Primadona Baru

  • Whatsapp
Pengembangan pariwisata Bali (Utara dan Barat) dan Banyuwangi terus dilakukan (foto: abri)

Buleleng, beritalima.com |– Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah menggodok pengembangan pariwisata di 3B (Banyuwangi, Bali Utara dan Bali Barat) sebagai primadona baru, guna mengimbangi kian terpusatnya berbagai kegiatan di Bali Selatan.

Menparekraf Sandiaga Uno kembali menekankan peran penting komunitas untuk ikut andil dalam pengembangan pariwisata khususnya di Bali Utara, saat berdiskusi dalam acara “Nemuin Komunitas (Netas)” yang berlangsung di “Krisna’s Beach Street Resto”, Buleleng, Bali Utara (30/8/2024).

Penyebaran wisatawan ke Bali Utara khususnya Kabupaten Buleleng, selain menjadi upaya untuk pemerataan pendapatan dari sektor pariwisata ke semua wilayah di Bali, juga menghindari terjadinya gejala overtourism akibat menumpuknya wisatawan di Bali Selatan.

“Melalui acara inilah kita ingin jahit dan rajut kolaborasi dari pentahelix terutama peranan komunitas,” kata Sandiaga. Salah satu hambatan penyebaran wisatawan dari Bali Selatan ke Bali Utara adalah aksesibilitas, terutama infrastruktur jalan yang membuat perjalanan menjadi lama dan panjang.

“Karenanya harus segera interkoneksi lebih ditingkatkan,” ucap Sandiaga. Menparekraf mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan memastikan peningkatan aksesibilitas berupa jalan tol yang menghubungkan Singaraja dan Denpasar menjadi prioritas untuk dibangun tahun depan.

“Dan untuk bandara, karena sudah berulang kali dikaji, maka akan diputuskan kembali oleh pemerintahan baru ke depan,” tambahnya. Selain itu, untuk jangka pendek akan dilakukan uji coba paket wisata yang mencakup Watu Dodol, Bangsring, Pemuteran, dan Lovina via jalur laut dengan menggunakan kapal cepat.

“Dalam 30 hari ke depan mudah-mudahan ini kita akan bisa uji cobakan, sehingga ada solusi jangka pendeknya dengan fastboat, menengahnya dengan tol road, dan jangka panjangnya adalah bandara,” ungkap Sandiaga, yang berjanji akan menambah jumlah kegiatan dan event di Bali Utara.

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait