Pasangan Alexsander Omaleng Dan Yusuf Rombe Terdaftar Di KPU

  • Whatsapp

Timika, beritalima.com. Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Alexander Omaleng dan Yusuf Rombe yang disingkat AIYE sah terdaftar sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mimika yang akan diselenggarakan November 2024.

Ketua KPU Mimika, Dete Abugau saat menggelar konferensi pers di halaman kantor KPU, Jalan Hasanudin, Rabu (28/8/2024) sampaikan, semua berkas AIYE lengkap, dan telah diterima KPU dengan pemberian surat terima dan juga surat rekomendasi pemeriksaan kesehatan, selanjutnya tahapan yang akan dilakukan AIYE yaitu tes kesehatan.

“Tahapan pemberkasan dilakukan selama 2 jam lebih, dan tidak ada kendala yang berarti selama proses pemberkasan, hanya tadi memakan waktu yang lama dikarenakan adanya dokumen yang belum terupload,” ujarnya.

Kadiv Teknis KPU Mimika, Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy mengatakan, tahapan pendaftaran dilakukan mulai dari verifikasi dokumen hingga visi misi Paslon yang harus sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

“Kendalanya tadi masalah persetujuan dari Partai Garuda, tadi kita skorsing 2 kali, tapi semua sudah aman dan lengkap, tahapannya berjalan baik dan semua pendukung Parpol hadir,” jelasnya.

Menurutnya, verifikasi memakan waktu lama dikarenakan semua dokumen Paslon harus diupload pada Silonkada, namun saat pendaftaran AIYE masih ada dokumen yang tidak terupload.

“Tadi kita lama karena ada dokumen yang belum terupload, jadi saya harap Paslon selanjutnya dapat melengkapi dokumen secara digital di Silonkada dan juga dokumen asli,” harapnya.

Selanjutnya, Ketua Tim Pemenangan, Nalio Jangkup usai melakukan pendaftran mengatakan, pemberkasan AIYE telah lengkap dan AIYE telah mendapatkan surat rekomendasi dan surat tanda terima dari KPU Mimika.

“Kita sudah berjuang sehingga hari ini kita merupakan Paslon yang pertama melakukan pendaftaran, dan pasangan AIYE dinyatakan lengkap semua dokumen pendaftarannya,” ungkap Nalio.

Perlu diketahui, AIYE mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat dengan suara sah 10,1 persen, Partai Buruh 2,7 persen, Garuda 2,6 persen dan Ummat 2,1 persen.

(Timika/lasatya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait