Peduli kesehatan Kader, UPT Puskesmas Ngantru Gelar Tes Pengukuran Kebugaran

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Dalam rangka meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani masyarakat di wilayahnya, UPT Puskesmas Ngantru, menggelar kegiatan Pengukuran Kebugaran Masyarakat.

Kegiatan pengukuran kebugaran dilaksanakan di Lapangan Desa Ngantru, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung.

Pengukuran kebugaran dimulai pukul 06.30 WIB, dengan diikuti oleh 128 peserta, khususnya para kader kesehatan di kecamatan Ngantru.

KUPT Puskesmas Ngantru, dr. Dedi Hariyanto mengatakan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kemampuan tubuh dalam menyesuaikan fungsi alat tubuh terhadap kerja fisik yang efisien, tanpa mengalami kelelahan berlebih.

Sebelum melaksanakan tes kebugaran lari sejauh 1600 meter, peserta terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi fisik mereka.

“Rangkaian kegiatan meliputi, pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, Tes Par-Q (Physical Activity Readiness Questionnaire), pembagian nomor dada dan pemanasan, lari 1600 meter, Pengukuran waktu dan nadi serta senam,” ucapnya, Selasa, (15/10/2024).

“Adapun jenis pemeriksaan yaitu, pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, cek tekanan darah, cek gula darah dan terakhir sebagai penutup senam,” tambahnya.

Lanjut dr. Dedi menerangkan, kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Camat, Kepala Desa dan seluruh lapisan masyarakat di Desa Ngantru.

Camat menggerakkan lintas sektor untuk mendukung pelaksanaan program kebugaran masyarakat, sementara Kepala Desa memberikan dukungan kepada masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam peningkatan kesehatan melalui aktivitas fisik.

Dengan adanya kegiatan ini, KUPT Puskesmas Ngantru berharap, masyarakat lebih sadar akan pentingnya menjaga kebugaran jasmani dan kesehatan secara keseluruhan.

“Kami berharap, masyarakat di seluruh wilayah Kecamatan Ngantru dapat hidup lebih sehat dan aktif tanpa ada kendala kesehatan sedikitpun,” Pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait