Peduli Lingkungan, FSAD ITS Gandeng BSI Kelola Limbah Botol Plastik

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Dukung tekad Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam menjalankan program Smart Eco Campus, Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) ITS menunjukkan komitmennya lewat Gerakan Operasi Plastik.

Gerakan ini juga didukung oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) melalui pemberian mesin Reverse Vending Machine (RVM), Jumat (20/9/2024).

Dekan FSAD ITS Prof Hamzah Fansuri SSi MSi PhD mengungkapkan bahwa plastik menjadi permasalahan lingkungan utama yang tak kunjung dapat diselesaikan. Hal tersebut dikarenakan botol plastik memerlukan waktu degradasi cukup lama, yakni mencapai 450 tahun.

“Meski begitu, plastik masih tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita sehingga diperlukan upaya untuk menanggulanginya,” imbuh Hamzah.

Lebih lanjut, dosen Departemen Kimia ITS tersebut berujar bahwa Gerakan Operasi Plastik ini menjadi langkah konkret yang diambil FSAD ITS untuk membantu mengurangi limbah plastik di lingkungan kampus.

“Kami ingin menciptakan kesadaran di kalangan mahasiswa dan tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan (tendik) FSAD tentang pengelolaan limbah plastik,” jelasnya.

Sejalan dengan komitmen FSAD, BSI turut mendukung program ini melalui penyediaan mesin RVM. Mesin ini dapat membantu proses pemilihan dan pengompresan botol plastik untuk kemudian diolah kembali menjadi botol plastik baru. Dengan RVM, pengelolaan limbah botol plastik menjadi lebih praktis.

Branch Manager BSI Kantor Cabang Pembantu (KCP) ITS Retno Zaskia Jumalasari menambahkan jika setiap botol yang dimasukkan ke dalam mesin akan dikonversi dalam bentuk poin yang dapat ditukar ke nominal rupiah.

“Insentif tersebut sebagai apresiasi kami kepada para sivitas akademika ITS atas kontribusinya dalam menjaga lingkungan,” tutur perempuan yang biasa disapa Zaskia ini.

Menutup pernyataannya, Zaskia menekankan bahwa dengan fasilitas ini diharapkan dapat mengurangi sampah plastik yang terdapat di lingkungan ITS. Bukan hanya itu, diharapkan ke depannya ITS juga ambil peran dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-12, yaitu Konsumsi dan Produksi yang Berkelanjutan.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait