Peduli Lingkungan, Kelurahan Kuncen Raih Sertifikat ProKlim Utama Dari Kementrian LHK

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Kota Madiun, Jawa Timur, kembali memborong prestasi. Kali ini di bidang lingkungan. Setidaknya, ada delapan RW di sejumlah kelurahan yang mendapat penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) tahun ini.

Atas capaian itu, Walikota Madiun, H. Maidi, juga mendapatkan Piagam Apresiasi Pembinaan ProKlim. Penghargaan ini diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar di Auditorium DR. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Senayan, Jakarta, Selasa 24 Oktober 2023.

Delapan RW tersebut yakni RW 11 Kelurahan Taman yang mendapatkan Trophy ProKlim Lestari dan RW 03 Kelurahan Sogaten yang mendapatkan Trophy ProKlim Utama. Sedangkan enam RW lain mendapatkan Sertifikat ProKlim Utama. Yakni, RW 02 Kelurahan Tawangrejo, RW 03 Kelurahan Nambangan Kidul, RW 14 Kelurahan Nambangan Lor, RW 04 Kelurahan Ngegong, RW 09 Kelurahan Kejuron, dan RW 04 Kelurahan Kuncen.

‘’Ini luar biasa, ada delapan RW yang dapat penghargaan ProKlim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Satu di antaranya Trophy ProKlim Lestari. Secara nasional ini tak banyak yang dapat Thropy Lestari ini,’’ ucap Walikota Madiun, H. Maidi.

RW 11 Kelurahan Taman, memang pernah mendapatkan Thropy ProKlim Utama pada 2021 lalu. Artinya, ada peningkatan.

Walikota berharap, RW yang sudah mendapat penghargaan ProKlim untuk dapat ditingkatkan. Total sudah ada 26 RW di Kota Madiun yang sudah mendapatkan penghargaan ProKlim sejak 2021 silam. Rinciannya, satu Trophy ProKlim Lestari, lima Trophy ProKlim Utama, dan 20 Sertifikat ProKlim Utama.

‘’Yang belum semoga segera dapat, Yang baru sertifikat bisa naik ke trophy utama, yang throphy utama bisa naik ke lestari, dan yang lestari bisa terus dipertahankan,’’ harapnya.

Maidi juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat lingkungan RW yang telah mendapatkan penghargaan. ProKlim memang program pemerintah pusat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengendalian perubahan iklim.

‘’Ini bukan sekedar penghargaan. Tetapi demi kelestarian lingkungan dan demi generasi kita ke depan,’’ tuturnya. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (kanan).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait