Peduli Masyarakat, Pemdes Banjarbillah Gelar Pelatihan Peningkatan Kader Kesehatan

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com | Kesehatan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, sehingga tidak hanya petugas kesehatan saja, bahkan masyarakat pun juga ikut bertanggung jawab untuk mencegah dan mengantisipasi.

Oleh karena itu, bekerjasama dengan pendamping dan Puskesmas setempat, pemdes Banjarbillah mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas kader kesehatan, “Mencegah lebih baik dari pada mengobati, pengetahuan dini terkait gejala penyakit itu sangat penting, karena pengaruhnya sangat signifikan,” ucap Mat Sapik PJ Desa Banjarbillah.

Bertempat di ruang pertemuan Desa setempat, pelatihan tersebut di fokuskan untuk kader posyandu balita dan posyandu lansia, selain itu dalam kegiatan tersebut turut menjadi peserta warga sekitar yang selama ini aktif dalam organisasi yang bergerak di bidang kesehatan.

Dalam sambutannya, Syamsuddin pendamping Desa Banjarbillah mengatakan, penyuluhan dan pelatihan tersebut akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Desa, khususnya kader posyandu balita dan posyandu lansia, sehingga akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai kesehatan balita dan lansia.

“Termasuk juga deteksi dini penyakit, pola makan yang sehat, serta tindakan preventif yang perlu dilakukan dengan pengetahuan yang lebih baik, kader posyandu akan mampu memberikan layanan yang lebih baik pula kepada masyarakat,” singkatnya.

Ditempat yang sama, Sepia Tri Cahyaning Hari perwakilan Puskesmas Tambelangan menjelaskan, melalui penyuluhan dan pelatihan, diharapkan akan terjadi peningkatan kesadaran masyarakat Desa akan pentingnya kesehatan balita dan lansia.

Masyarakat akan lebih memahami pentingnya memeriksakan balita lansia secara berkala, mengikuti program imunisasi, serta menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini akan berdampak pada menurunnya angka sakit dan kematian balita dan lansia di Desa Banjarbillah.

“Selain manfaat langsung bagi masyarakat Desa Banjarbillah, kegiatan ini juga sejalan dengan program pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Dengan teredukasinya kader posyandu, diharapkan upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat dapat dilaksanakan secara lebih efektif dan efisien,” pungkasnya. (FA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait