Pembentukan Karakter Dimulai Dari Pendidikan Anak Usia Dini

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Pendidikan karakter dimulai sejak masa pendidikan anak usia dini mulai dari cara mengambil mainan sampai mengembalikan mainan diletakan di tempat semula. Bahkan soal soal antri dan mengucapkan salampun telah diajarkan oleh guru PAUD. Pendidikan PAUD ini sebagai tempat bermain dan sebagai bantuan perkembangan jasmani dan rohani agar anak siap melanjutkan pendidikan lebih lanjut salah satunya masuk ke SD.

Demikian hal itu diungkapkan Tohari selaku Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Mojoagung ketika berhasil ditemui usai mengikuti kegiatan di Jakarta, Jum’at (19/7/2024) beberapa hari ini.

Ia pun menjelaskan bahwa pendidikan PAUD, pihak SKB pun telah menyiapkan tempat anak bermain sambil mengenalkan simbol simbol dan gambar gambar agar kognitif bisa diterima oleh motorik.

Selain daripada itu diungkapkan Tohari dalam pendidikan karakter bagi anak usia dini, memerlukan tenaga khusus agar bisa diterima oleh murid PAUD. Bahkan anak anak sudah diajarkan berdoa sebelum sesudah makan minum.

“Jadi pendidikan karakter tidak saja diulang di satuan pendidikan SMP maupun SMA dan sederajat tapi di PAUD dan TK pun sudah diajarkan,” jelas Tohari kepada beritalima.com

Selain pendidikan anak usia dini pada SKB Mojoagung menggelar pendidikan kejar paket A, B, dan C. Bahkan memyelenggarakan program pendidikan kecakapan wirausahaan (PKW) tahun 2024 ini daei Direktorat Kursus dan Pelatihan dari Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek.

“Jenis keterampilan Pastry dan Bakery diikuti sebanyak 30 orang dengan durasi belajar 250 jam dan bekerjasama dengan beberapa perusahaan lokalan jombang hingga permodalannya didukung oleh beberapa pihak,” jelasnya.

Jurnalis : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait