Pembukaan PIMNAS 37, Staf Ahli Kemendikbudristek Tekankan Pentingnya Penelitian

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-

Universitas Airlangga (Unair) resmi membuka Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 pada Selasa (15/10/2024). Upacara pembukaan ini bertempat di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus MERR-C Unair.

 

Prof Dr H Muhammad Adlin Sila MA PhD, selaku Staf Ahli Kemendikbudristek Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat, turut menyampaikan sambutannya pada gelaran ini.

 

Adlin memberikan ucapan selamat kepada seluruh tim yang telah lolos sebagai finalis PIMNAS ke-37. Ia juga mengatakan bahwa mahasiswa memiliki potensi yang besar. Oleh karena itu, PIMNAS berlangsung guna menjadi wadah untuk mahasiswa mengasah potensinya.

 

“Saya ucapkan selamat kepada 525 tim dengan total sekitar 2600 mahasiswa dari 118 perguruan tinggi dari Indonesia,” ucap Adlin.

 

Kontribusi Penelitian ke Masyarakat

 

Pada Scimago Journal Rank yang dirilis pada 2023, Indonesia berhasil mempublikasi karya ilmiah sebanyak 58.284. Capaian ini berhasil mengalahkan negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

 

Bagi Prof Adlin, prestasi tersebut sangat penting karena menunjukan bahwa capaian akademik mampu berkontribusi pada transformasi di masyarakat.

 

Prof Adlin juga menambahkan bahwa prestasi akademik memang sudah seharusnya juga dapat teraplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

 

“Penelitian dan pengembangan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya menjadi kunci bagi sebuah negara untuk tumbuh menjadi negara maju” paparnya.

 

Kompetisi Penelitian Bergengsi

 

Sejalan dengan hal tersebut, Adlin mengharapkan bahwa perhelatan PIMNAS dapat mencapai tujuannya, yaitu mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

 

Selain itu, harapannya PIMNAS juga dapat menjadi katalis bagi mahasiswa untuk meningkatkan aspek kognitif, emosional, dan spiritual. Melalui PIMNAS, peserta bisa mendapat pengetahuan, kemampuan komunikasi yang baik, serta meningkatkan kreativitas dan penalaran.

 

Di akhir sambutannya, Prof Adlin menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan PIMNAS. Terutama kepada Unair sebagai tuan rumah.

 

“Terima kasih atas kolaborasi semuanya, atas dedikasi dalam membangun mensukseskan acara ini agar dapat menjadi ekosistem yang baik dari Kemendikbudristek. Jadikan ajang ini sebagai batu loncatan untuk bersama-sama meraih prestasi yang lebih tinggi,” ucap Prof Adlin.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait