Pemeriksaan Procalcitonin Buat Apa ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Terkadang melihat pengobatan dokter pada kasus demam tinggi tak turun turun lalu disodor untuk pemeriksaan Procalcitonin, untuk apa sebenarnya lalu saya mengikuti kasus Diabetik foot yang meluas dan membusuk selalu dianjurkan pemeriksaan Procalcitonin.saya baru tahu
Pemeriksaan Procalcitonin adalah untuk infeksi berat yang disebut Sepsis.

DEFINISI SEPSIS
Tahun 1994 European Society of Intensive Care Medicine membuat konsensus tentang skor Sequential (Sepsis-related) Organ Failure Assessment (SOFA). Terjadi disfungsi organ jika skor SOFA ≥ 2. Skor SOFA kemudian dibuat lebih sederhana menjadi qSOFA untuk pasien-pasien diluar ICU. qSOFA tidak memerlukan pemeriksaan laboratoris dan dapat disimpulkan dengan cepat. Procalcitonin (PCT) adalah pemeriksaan biomarker untuk infeksi bakteri dengan atau tanpa sepsis. Tes PCT memiliki sensitivitas dan spesifisitas sebesar 76% dan 69% untuk deteksi bakterimia, dengan nilai cut-off 0,5 ng/mL atau setara 0,5 µg/L.

Procalcitonin merupakan protein fase akut yang konsentrasinya meningkat pada penderita sepsis. Procalcitonin meningkat juga pada keadaan Systemic Inflammantory Response Syndrome (SIRS) pada penderita trauma yang mengalami disfungsi organ, akan tetapi kadarnya jauh lebih rendah dari pada penderita SIRS dengan infeksi (sepsis).

APA ITU PROCALCITONIN ?
Procalcitonin adalah zat yang dilepaskan tubuh saat ada infeksi bakteri. Kadarnya yang terlalu tinggi sering mengindikasikan sepsi Procalcitonin adalah tes darah untuk mendeteksi kadar procalcitonin. Tingginya kadar procalcitonin sering menjadi pertanda sepsis, yaitu infeksi bakteri yang bisa menyebabkan kegagalan organ sampai kematian. Selain mendiagnosis sepsis, tes ini juga bisa membantu dokter dalam memilih jenis pengobatan maupun memantau efek pengobatan yang sudah diberikan Di tahun 1990-an procalcitonin pertama kali digambarkan sebagai tanda spesifik infeksi bakteri. Kepekaan serum procalcitonin meningkat saat infeksi sistemik, khususnya ketika hal tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri

PENGETAHUAN PROCALCITON8N
1. Terbentuk Procalcitoin
Saat ada infeksi bakteri, sel-sel tubuh meresponnya dengan melepaskan zat ini ke dalam aliran darah. Jenis bakteri yang dapat memicu infeksi.Semakin infeksi menyebar maka semakin banyak pula procalcitonin yang dilepaskan. Itu sebabnya, sampel darah perlu diambil untuk diperiksa kadar procalcitoninnya.

2. Nilai Procalcitonin
Orang sehat normalnya seseorang memiliki (0 – 0,05 mg /liter ) Procalcitonin, bila
1. Kemungkinan sepsis: (0,5 – 2 mg /liter)
2.Sepsis sedang hingga tinggi: antara 2 -10 mg/liter)
3.Sepsis berat:> 10 mg/ liter

3. Tidak mutlak menetukan sepsis
Pemeriksaan ini tidak hanya untuk mendeteksi sepsis.nilai Pocalcitonin yang tinggi juga bisa mengindikasikan penyakit lain, seperti:
1.Asma
2.Kanker
3 Infeksi tumor
4.luka bakar
5.Trauma berat
6.Pneumonia
7serangan jantung
8.Endokarditis (radang jantung)
9.Pankreatitis (radang pankreas)
10.Meningitis (radang jaringan yang mengelilingi otak)
11.infeksi saluran kemih yang parah
12. Ketidakcocokan organ pada individu yang mendapat transplantasi organ

KAPAN TEST PROCALCIT9NIN DILAKUKAN
Dokter akan merekomendasikan tes ini ketika ada indikasi sepsis maupun gejala penyakit-penyakit yang sudah disebutkan di atas. Tanda sepsis yang perlu kamu waspadai, antara lain:
1. Demam
2. Kedinginan
3. Sesak napas
4. Nyeri hebat
5. Kebinggungan berat
6. Detak jantung cepat
7. Kulit lembab atau berkeringat
8. Tekanan darah rendah

K3SIMPULAN
Prokalsitonin dipilih sebagai biomarker pada penelitian ini, karena PCT lebih sensitif dibanding biomarker lainnya seperti C-reactive protein (CRP). Prokalsitonin dapat dideteksi setelah 2 jam stimulasi dan mencapai kadar puncak 12-48 jam, sedang CRP baru terdeteksi setelah 6 jam stimulasi.
Infeksi yang paling sering menyebabkan sepsis adalah
1. Infeksi Paru-paru (pneumonia),
2. Infeksi saluran kemih, infeksi kulit,
3. Saluran pencernaan.

Jenis pemeriksaan yang sering dilakukan bersama tes ini adalah tes untuk mengukur protein C-reaktif, kultur darah, cek urin, cek untuk mengukur asam laktat dalam darah, analisis gas darah, hitung darah lengkap dan analisis cairan serebrospinal.

Procalcitonin ialah prohormon calcitonin, kadarnya meningkat saat sepsis dan sudah dikenali sebagai petanda penyakit infeksi yang berat. Kadar procalcitonin dapat mencapai 1000 ng/ml saat sepsis berat dan syok sepsis. Pada keadaan fisiologis, kadar procalcitonin rendah dan bahkan tidak terdeteksi (dalam ng/ml), tetapi akan meningkat bila terjadi bakteriemia atau fungimia yang timbul sesuai dengan beratnya infeksi. Sepsis paling rentan menimpa bayi baru lahir dan lansia. Di luar kelompok usia tersebut, orang yang baru menjalani operasi, pengguna kateter dan pengidap penyakit kronis juga berpotensi tinggi mengalami sepsis.
Demikian sekilas info pengetahuan tentang Procalcitonin,semoga menambah wawasan untuk disimak dan bermanfaat guna,terimakasih.
RobertoNews 1816《22.7.24(06.30)》
Praktisi Dokter & Penulis ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait