Pemkab Madiun Gelar Pembekalan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemkab Madiun, Jawa Timur, menggelar pembekalan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan ke-45, yang dibuka Bupati Madiun di Pendopo Muda Graha, yang Jalan Alon-Alon Utara, Kota Madiun, Rabu 11 Oktober 2017.

Dalam sambutannya, Bpati Madiun H. Muhtarom, mengatakan, kondisi keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai arti yang besar dalam proses pembangunan.

“Karena itu kondisi keluarga merupakan barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Untuk dapat membina keluarga secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin, dibentuk Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, yang mekanisme gerakannya dikelola dan dilaksanakan oleh TP PKK dengan 10 Program Pokok
yang menyentuh seluruh aspek kehidupan,” kata H. Muhtarom.

Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, lanjutnya merupakan salah satu bentuk intensifiksi gerakan PKK beserta lintas sektor terkait yang bertumpu pada kegiatan kelompok masyarakat, PKK dan institusi
KB-Kesehatan di desa dengan kadernya sebagai ujung tombak.

“Gerakan ini sebagai momentum yang memiliki makna dan peran strategis dalam menjadikan keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat tempat dimana dimulainya revolusi mental. Karena keluarga merupakan wahana untuk membentuk generasi muda yang berkarakter,” tambahnya.

Sebagai organisasi wanita yang bergerak dibidang sosial kemasyarakatan, paparnya, PKK telah terbukti membawa perubahan yang besar dan dapat dirasakan manfaatnya yang ditandai dengan meningkatnya kualitas kehidupan rumah tangga.

“Untuk itu kita harus mendukung PKK yang merupakan mitra kerja pemerintah dan wadah aktivitas sosial pada keluarga. Melalui kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan yang merupakan kegiatan integrasi antara TP PKK, Dinas PMD, Dinas PP, KB , PP dan PA serta Dinas Kesehatan harus mampu mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Seperti terbentuknya Kelompok Dasa Wisma baru dan meningkatnya Dasa Wisma Aktif, terlaksananya pengumpulan data, pemenuhan dan peningkatan pelayanan kontrasepsi dan kesehatan reproduksi, pengembangan dan peningkatan advokasi dan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) KB, lingkungan yang bersih dan sehat serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat {PHBS),” ulas H. Muhtarom.

Sementara itu terkait dengan anggaran, Muhtarom menghimbau agar TP PKK Desa tidak khawatir karena prioritas penggunaan Dana Desa {DD) adalah untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Untuk diketahui, hasil rekapitulasi se Kabupaten Madiun, penggunaan Dana Desa Tahun 2017 masih
didominasi untuk pembangunan yang mencapai 88 %. Sedangkan bidang pemberdayaan sebesar 8 %, pembinaan kemasyarakatan 2 % dan bidang pemerintahan 2 %.

Untuk itu, Muhtarom mengingatkan agar PKK berperan
aktif dalam perencanaan pembangunan desa. “Kawal program pemberdayaan melalui PKK agar bisa teranggarkan secara maksimal dalam APBDes,” pintanya.

Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Ny. Hj. Sri Purwanti Muhtarom, menjelaskan, kegiatan pembekalan HKG PKK-KB-Kesehatan yang dilaksanakan setiap tahun, dikandung maksud agar setiap tahun ada kegiatan yang fokus pada bidang kesehatan. Sedangkan kegiatan yang lain untuk mendukung saja.

“Melalui Pokja IV sebagai sektornya PKK Kabupaten Madiun, berupaya agar program KB di Kabupaten Madiun dapat mencapai target yang telah ditetapkan pemerintah,” kata Ny. Hj. Sri Purwati.

Ditambahkan, kegiatan 10 Program Pokok PKK akan dimulai nanti pada bulan Oktober s/d Desember 2017 dengan penekanan pada bidang kesehatan. Sedangkan kegiatan resepsi HKG PKK-KB-Kesetahan akan dilaksanakan pada bulan April 2018 bersamaan dengan pencangan Bulan Bhakti Gorong Royong
Masyarakat.

“Sebagai mitra kerja pemerintah, PKK sangat telaten
mengunjungi rumah-rumah warga untuk memberikan pembinaan pengarahan tentang kesejahteraan Keluarga sehingga apa yang dikerjakan PKK saat ini sudah terbukti dan bahkan duniapun mengakui,” imbuhnya.

Pada acara ini Bupati Madiun juga menyerahkan hadiah lomba berupa tropi, piagam dan uang pembinaan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera Terbaik Tingkat Kabupaten Madiun tahun 2017. Tampil sebagai Juara I yakni kelompok UPPKS Mawar dari Desa Singgahan Kecamatan Kebonsari. (Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *