Pemkot Kupang Gelar Bimtek bagi Pelatih Cabor Muaythai dan Kriket

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com — Dalam rangka mencetak atlet-atlet berprestasi di bidang olahraga khususnya pada cabang olahraga Muaythai dan Kriket, Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Kupang menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi pelatih, praktisi dan teknisi olahraga.

Bimtek yang mengangkat tema “Bimbingan Teknis sebagai Upaya Pembentukan Karakter Pelatih, Praktisi dan Teknisi Olahraga Guna Melahirkan Atlet yang Berprestasi dan Membanggakan”,

Dalam kegiatan itu sebanyak 30 peserta yang terdiri atas yakni delapan orang pelatih dari cabang olahraga (Cabor) Muaythai, delapan orang pelatih Kriket, serta 14 orang wasit/juri.

Kegiatan tersebut dibuka Asisten Administrasi Umum Setda Kota Kupang, Yanuar Dally,di Aula Hotel Ima, Kamis (30/5/2024).

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Kupang didampingi Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Kupang, Ernest S. Ludji, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kota Kupang, A. M Manafe.

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Kupang, Yanuar Dally mengatakan, kegiatan pelatih adalah sosok yang penting bagi setiap atlet. Karena tanpa bimbingan dan pengawasan dari seorang pelatih, prestasi yang tinggi sulit dicapai.

Menurut Yanuar, seorang pelatih akan lebih mudah melihat kesalahan-kesalahan teknik yang dilakukan oleh atlet daripada atlet itu sendiri. Sehingga pelatih dan juri cabang olahraga harus memiliki kemampuan profesional untuk membantu mengungkap potensi dari para atlet untuk mencapai prestasi yang optimal.

“Kita akan melakukan penajaman pada cabor-cabor prestasi Kota Kupang, sehingga konsentrasi pemerintah daerah lebih mengerucut. Hal ini penting dikarenakan sebuah prestasi tidak kemudian tiba-tiba saja diraih begitu saja, prestasi tentu saja membutuhkan perhatian dan dukungan dari pemerintah”, kata Yanuar.

Ia menambahkan, Pemkot kupang akan mendukung penuh penyelenggaraan bimtek yang diselenggarakan bagi pelatih, praktisi dan teknisi olahraga cabor Muaythai dan Kriket sebagai cabor yang bisa meningkatkan prestasi di masa yang akan datang, serta berharap kedepan kita juga akan melihat cabor lain yang sudah memiliki prestasi bagi daerah untuk diberikan perhatian yang lebih serius.

Selanjutnya dia mengatakan, peserta bimtek diharapkan untuk menambah pengetahuan serta keterampilan yang akan diaplikasikan pada bidang olahraga yang digeluti.

“Saya berharap saudara-saudara dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin sebagai wahana untuk membentuk karakter atlet menjadi baik, meningkatkan keterampilan, kreativitas dan pengembangan wawasan yang akan mengembangkan potensi dan talenta yang dimiliki para atlet”, tegasnya.

Yanuar juga berpesan agar para peserta dapat terus mengembangkan kemampuan yang dimiliki sebagai bekal dalam menentukan langkah menggapai kesuksesan dan meraih masa depan yang lebih baik.

“Saya berharap kegiatan bimtek yang diselenggarakan oleh Dispora Kota Kupang ini, pada akhirnya dapat memiliki pelatih, praktisi dan teknisi olahraga yang handal, yang akan dapat menghasilkan atlet-atlet berprestasi dan membanggakan”, tambahnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait