Pemuda Bobanehena, Sulap batok kelapa jadi kerajinan bernilai tinggi.

  • Whatsapp

JAILOLO, beritalima.com– Kelompok pemuda Kreatif Desa Bobanehena Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat menyulap batok kelapa jadi kerajinan yang bernilai tinggi.

Harga kopra yang tak kunjung naik sehingga lahirlah ide para pemuda ini untuk membuat kerajinan dari batok kelapa. Hasil karya mereka pun telah terjual kepasar lokal Maluku Utara.

Meski begitu, ide untuk mengubah tempurung/batok kelapa menjadi kerajinan bernilai ekonomi tinggi sudah ada sejak lama.

Bermula dari banyaknya tempurung kelapa yang ada di Desa Bobanehena, akhirnya Kelompok pemuda mencoba membuatnya menjadi cangkir dan souvenir. Hasil karya rupanya diminati banyak orang.

Akhirnya mereka mulai berpikir untuk mengembangkan karyanya meski bermodalkan peralatan yang sederhana namun, kini sudah memiliki peralatan yang lebih modern.

Saat ditemui Kordinator Pemuda kreatif, Benyamin Utomo menyatakan bahwa saat pertama membuat kerajinan dari tempurung kelapa, kami hanya menggunakan alat sederhana. Cuma gergaji, tapi sekarang telah lengkap alatnya jadi dalam proses pembuatannya lebih mudah.

Berdasarkan pantauan media senin (07/01/2019) para pemuda ini tengah memilah tempurung kelapa untuk dibuat menjadi sebuah cangkir.

Satu per satu tempurung dihaluskan permukaannya. Sementara bagian dalam tempurung dibersihkan menggunakan alat penyikat.

Tak butuh waktu lama, sebuah cangkir buatannya lengkap dengan gagang sebagai pegangan telah jadi.

Untuk membuat efek mengkilap, sebelum dipasarkan, mereka melapisi produk buatannya menggunakan cairan melamin. Hal itu dinilai membuat produknya terlihat tampak natural dan menarik.

Produk yang dibuat meliputi berbagai macam benda, mulai dari souvenir hingga perkakas rumah tangga.

Semuanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau, dari Rp 10 ribu sampai Rp 250 ribu. Tentu tarif yang dipatoknya berdasarkan tingkat kerumitan pembuatannya.

Untuk memasarkan karyanya, mereka tidak begitu ambil pusing
Memanfaatkan media sosial dan situs jual beli.

Untuk bahan baku, mereka mengaku tidak kesulitan karena batok kelapa didapat sangat mudah. (Ay)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *