Pendidikan Islam yang Bermoral

  • Whatsapp

Oleh: Munadifa

SURABAYA -beritalima.com
Pendidiikan islam ditahun modern ini sangat bebeda dengan tahun tahun jaman nenek moyang kita,dijaman Dahulu orang islam sangat teguh dengan agama terutama ajaran agama islam. Terutama dijaman nabi MUHAMMAD SAW,beliau mengajarkan tentang adab,budi pekerti dan juga tutur bahasa yang baik . Jika dibandingkan dengan jaman sekarang sudah banyak sekali orang yang lupa dengan ajaran yang diperintahkan oleh NABI MUHAMMAD SAW. Terlebih dengan adanya fasilitas yang canggih semua orang bisa mudah mengakses hal-hal yang tidak baik, terlebih anak-anak mulai menggenal hal-hal yang belum tentu baik di lihat.. Sehingga apa yang diajarkan dan yang dilalukan sangat berbeda dengan yang teleh diajarkan oleh agama terutama ajaran agama islam. Pendidikan di indonesia juga sudah banyak mengajarkan pelajaran yang banyak sekali . Ada berbagai macam mata pelajaran tentang bahasa asing dan teknologi terkini.

Secara tidak langsung apa yang telah diperintahkan agama banyak sekali yang hilang,terutama tentang sopan santun kepada orang tua dan guru.tentang pengertian aturan -aturan ajaran agama islam.dan jika sudah hilang perilaku sopan santun kepada orang yang kebih tua ,dengan seenakya anak-anak tidak lagi memperdulikan omongan orang lain. Mungklin dengan diterapkan ajaran agama disekolah dan lingkungan anak bisa lebih menghargai orang lain,terutama dengan orang tua dan teman yang lebih tua.
dengan kita mendidik anak mulai dari kecil tentang agama,anak bisa lebih mudah mengerti dan memahami perilaku apa saja yang menurut agama tidak baik.mungkin menaruh anak di madrasah dan mengenalkan ajaran dan pendidikan islam sejak usia dini.insya ALLAH dengan demikian kita sudah bisa mengenal mana yang baik dan mana yang buruk.beberapa tahun yang lalu nabi dan para sahabat telah mengajarkan kepada para ulama dan keturunanya untuk selalu taat kepada ALLAH SWT.
Mungkin di jaman sekarang kita lebih mudah dan lebih cepat mengerti tentang apa yang telah diajarkan nabi MUHAMMAD SAW,dibanding dijaman nenek moyang kita yang telah dijajah bangsa asing,,merka dengan susah payah belajar ilmu agama.ditahun modern ini kita bisa lebih mudah memahami dan mengerti tentang ilmu agama melalui media sosial.terutama jika belajar ilmu agama di pesantren akan banyak sekali ilmu agama yang diperoleh.
dengan belajar ilmu agama dan memahami isi dan makna agama islam kita selalu di berikan kemudahan untuk menegetahui mana yang baik dan yang buruk .pendidikan agama islam juga banyak sekali mengajarkan tentang bertoleransi kepada orang yang beda agama dan mengajarkan kerukunan,islam tidak pernah mengajarjan hal-hal yang tidak diperintahkan nabi,semisal contoh jihad dengan cara bunuh diri dan menjelek-jelekan orang yang beda agama.pendidikan agama memang sangat penting diterapkan dimanapun kita berada terlebih disekolah dan dilinghkungan masyarakat.
Semoga kita bisa belajar dari para nabi ,sahabat dan ulama tentang pentingya belajar agama islam,untuk itu kita bisa belajar akhlaq baik nabi MUHAMAD SAW.belajar ilmu agama memang tidak mudah,tp dengan niat dan bersuhguh-sunguh akan mudah.perbedaan belajar agama islam dan belajar pelajaran lainya akan bisa kita rasakan perbedaanya,sehinga orang lain akan lebih mengerti perbedaanya.karatestik berikutya adalah dengan pengalaman ilmu pengetahuan dasar tentang tanggung jawab kepada Tuhan yang maha esa.disinilah pengetahuan bukan hanya untuk diketahui dan dikembangkan saja.sekaligus dipaktikkan dalam kehidupan nyata,dengan demikian terdapat konsistensi antara apa yang diketahui dengan pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari
Secara eksternal masa depan pendidikan islam ini dipengaruhi oleh globalisasi,demokrasi,demokratisasi dan liberalisasi islam.bagi generasi muda bangsa,oleh sebab itu harus ada niat dan keseriusan untuk melakukan penanaman pendidikan islam oleh semua masyarat,pendidik,orang tua dan sekitarya.harapannya agar generasi masa depan bangsa menjadi generasi yang berintelektual tinggi dan berakhlak mulia,salah satu dapat kita ambil contoh pendidikanya dalam agama islam,terutama perkembangan zaman sekarang.

Mahasiswa STAI Ar Rosyid Surabaya

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait