Pengabdian Babinsa dan Bides, di pegunungan Banjarnegara

  • Whatsapp

BANJARNEGARA – BEIRTALIMA.COM – “Sambil istirahat Babinsa mengambil hati warga binaannya,” Kegiatan Babinsa dalam membantu mewujudkan program pemerintah berupa swasembada dan ketahanan pangan nasional, masih dapat dilaksanakan disela-sela tugasnya dalam mensukseskan program TMMD Reguler 102 Kodim 0704 Banjarnegara, di Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum. Sabtu (7/7/18).

Serda Suwondo, Babinsa Ramil 06/Kalibening Kodim 0704 Banjarnegara, menyempatkan diri membantu warga desa binaannya dalam membersihkan pematang sawah dari tanaman rumput liar disela kesibukannya membantu pengerjaan rabat beton jalan TMMD sepanjang 1.170 meter. Kebetulan lokasi persawahan warga hanya beberapa meter dari lokasi jalan desa tersebut.

Perlu diketahui bahwa, Suwondo tinggal dan menempati Rumah Dinas Polindes PKD Pandanarum bersama isterinya, Linna Robianingsih (29) yang seorang bidan desa (Bides), PNS 2017 asal kota Ajibarang Kabupaten Purwokerto. Linna kesehariannya mengabdikan diri bagi warga desa setempat sebagai tenaga kesehatan disamping mendampingi sang suami. Tidak dipungkiri bahwa jarak antara Desa Pasegeran dengan RSUD Kolopaking Banjarnegara berjarak kurang lebih 40 Km dan jika ditempuh darat dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam mengingat medan pegunaungan dengan akses yang terjal dan ekstrim.

“Saya selaku Babinsa setempat dan isteri yang seorang bidan, kebetulan ditugaskan untuk membantu warga di pelosok ketinggian Banjarnegara. Kami merasa terpanggil serta mempunyai kewajiban dalam membantu warga dengan sedikit kemampuan kami. Walaupun kadang-kadang pekerjaan yang saya lakukan hanya sekedar menyemangati warga saja, namun semoga bermanfaat dalam menjalin kedekatan TNI-Rakyat,” ungkapnya.

Jika panen padi baik nantinya tentu akan meningkatkan kesejahteraan para petani itu sendiri. Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa tersebut sangat membantu kinerja dari Dinas Pertanian Kabupaten banjarnegara, serta manfaatnya juga dirasakan oleh masyarakat.

Manfaat lainnya adalah selain memupuk kedekatan dengan warga, tentunya akan memudahkan dalam transfer ilmu pengetahuan dibidang pertanian, khususnya tanaman padi dilahan terasering pegunungan.(pendim0704bna)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *