Pengguna KA di Daop 8 Surabaya pada Semester 1 Naik 12,9%

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sektor angkutan penumpang PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya mencatatkan hasil positif peningkatan volume pelanggan pada periode semester 1 tahun 2024 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pada periode 1 Januari sampai 30 Juni 2024, volume pelanggan di KAI Daop 8 Surabaya tercatat sebanyak 2.896.332 pelanggan. Rinciannya, 939.181 penumpang kelas eksekutif, 125.003 penumpang kelas bisnis, dan 1.832.148 penumpang kelas ekonomi.

Sedangkan pada periode yang sama tahun sebelumnya, 1 Januari sampai 30 Juni 2023, volume pelanggan di KAI Daop 8 Surabaya tercatat sebanyak 2.565.356 pelanggan, dengan rincian 862.125 penumpang kelas eksekutif, 126.878 penumpang kelas bisnis, dan 1.576.353 penumpang kelas ekonomi.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan, peningkatan volume pelanggan sebanyak 330.976 atau 12,9% itu salah satunya diperkirakan karena adanya sejumlah inovasi peningkatan pelayanan seperti peremajaan sarana, penambahan KA baru, peningkatan kecepatan dan fasilitas di stasiun.

Disebutkan, di tahun 2023-2024 PT KAI Daop 8 Surabaya telah melakukan berbagai inovasi seperti peremajaan sarana KA Argo Bromo Anggrek dan KA Majapahit dengan menggunakan jenis Kereta Stainless Steel New Generation.

Kemudian juga ada penambahan KA baru seperti KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir PP dan KA Malabar keberangkatan pagi relasi Malang – Bandung.

Selain itu, KAI Daop 8 Surabaya juga melakukan peningkatan kecepatan seiring dengan pemberlakuan GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) baru yang telah dimulai pada 1 Juni 2023.

Terus, menghadirkan inovasi produk kereta melalui Kereta Kompartmen yang dirangkaikan pada KA Argo Semeru dan KA Bima untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan saat dalam perjalanan.

Tidak hanya itu, KAI Daop 8 Surabaya juga meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan di stasiun, diantaranya dengan menyediakan luxury lounge, arena bermain anak, air minum isi ulang gratis bagi penumpang, dan fasilitas Face Recognition Boarding Gate yang memudahkan penumpang dalam proses boarding.

Dengan semangat melayani, tuturnya, KAI Daop 8 Surabaya berkomitmen akan terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan, dengan harapan agar minat masyarakat untuk menggunakan transportasi massal yang aman, nyaman, selamat dan tepat waktu ini semakin tinggi.

Terkait peningkatan volume pelanggan ini KAI Daop 8 Surabaya menyampaikan terimakasih. “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya serta kesetiaan masyarakat yang telah memilih transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk mendukung mobilitas,” ucapnya. (Gan)

Teks Foto: Pengguna KA di Daop 8 Surabaya, naik 12,9%.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait