Pengguna Meningkat, Stamformasi Commuter Line Ditambah

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sebagai operator Commuter Line Dhoho/ Penataran dan Commuter Line Supas, KAI Commuter konsisten dalam upaya meningkatkan layanan bagi penggunanya.

Untuk menambah kapasitas angkut, mulai Selasa (1/10/2024), KAI Commuter mengoperasikan tambahan kereta (stamformasi) di setiap rangkaian pada jadwal perjalanan Commuter Line Dhoho/Penataran (Surabaya Kota – Kertosono – Blitar) dan Commuter Line Surabaya Kota – Pasuruan (Supas).

“Penambahan kapasitas angkut pengguna ini untuk mengakomodasi pertumbuhan jumlah penumpang kereta api perkotaan di wilayah Surabaya yang terus naik,” jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus.

“Penambahan kapasitas angkut pengguna ini dilakukan dengan menambahkan jumlah stamformasi Commuter Line Dhoho dan Commuter Line Supas,” tambahnya.

Penambah jumlah stamformasi itu pada Commuter Line Dhoho/Penataran (Surabaya Kota – Kertosono – Blitar) dari enam kereta ekonomi K3 menjadi delapan kereta ekonomi K3 pada 8 jadwal perjalanan KA nya.

Penambahan jumlah stamformasi tersebut meningkatkan kapasitas angkut dari 636 tempat duduk menjadi 848 tempat duduk.

Sedangkan untuk penyesuaian stamformasi Commuter Line Supas, dari lima kereta ekonomi KRD menjadi enam kereta ekonomi K3 pada setiap rangkaiannya.

Sedangkan peningkatan jumlah kapasitas pengguna dari 400 tempat duduk menjadi 636 tempat duduk.

KAI Commuter mencatat rata-rata volume harian pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya pada September 2024 ini sebanyak 38.968 orang per hari, atau lebih besar 3% jika dibanding Agustus 2024 yang sebanyak 37.777 orang tiap harinya.

Sementara itu, sepanjang 2024 ini hingga 30 September ini total pengguna Commuter Line Dhoho/Penataran sebanyak 6.436.170 orang dengan rata-rata volume sebanyak 23.698 orang per hari.

Sedangkan total volume Commuter Line Supas sepanjang 2024 ini sebanyak 1.004.836 orang atau rata-rata sebanyak 3.634 orang per hari.

Dengan penyesuaian stamformation untuk meningkatkan kapasitas angkut ini, secara keseluruhan KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya meningkatkan kapasitas angkut pengguna sebanyak 14% tiap hari.

“KAI Commuter memprediksi kenaikan volume pengguna Commuter Line Dhoho/Penataran dan Commuter Line Supas sebanyak 2-5% tiap harinya atau meningkat sebanyak 600 – 1500 orang per harinya,” tambah Joni.

“Kami senantiasa berharap dan berupaya maksimal agar kehadiran KAI Commuter memberi dampak positif dan menjadi solusi layanan transportasi di setiap tempat dimana kami hadir, tutup Joni. (Gan)

Teks Foto: Commuter Line Dhoho/Penataran.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait