Penuhi Hak Anak, TPS Ajak Balita Berwisata Perahu

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Memperingati Hari Anak Nasional, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) mengadakan acara wisata perahu susur Sungai Kalimas bersama para Balita Asuh dari Kecamatan Krembangan, Surabaya.

Acara ini dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Surabaya, dra Ida Widayati MM, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya, Ir Hidayat Syah, Camat Krembangan, Harun Ismail, beserta para Lurah di lingkup Kecamatan Krembangan.

Erika A. Palupi selaku Sekretaris Perusahaan TPS mengatakan, anak Indonesia merupakan penerus bangsa dan fondasi utama dalam kemajuan Indonesia, hingga penting untuk melindungi hak-hak anak dan membangun masa depan yang lebih baik bagi semua anak Indonesia.

Hak anak yang perlu dilindungi adalah hak akses terhadap layanan kesehatan termasuk gizi yang tercukupi, hak akses terhadap pendidikan, hak mendapatkan lingkungan yang aman, bebas dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi.

“Kami berharap melalui kegiatan yang menyenangkan ini TPS dapat berkontribusi untuk pemenuhan hak-hak anak, melalui edukasi tentang safety – keselamatan saat berperahu dan pentingnya menjaga kebersihan sungai – yang kemudian juga anak-anak diajak berwisata perahu di Sungai Kalimas serta bermain di Taman Prestasi Kota Surabaya,” ungkapnya, Selasa (23/07/2024).

Taman Prestasi sebagai salah satu ruang terbuka Hijau, yang dalam konteks pemenuhan hak anak, hadir sebagai salah ruang yang ramah untuk anak anak. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, termasuk daya tarik wisata perahu Kalimas yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Sungai Kalimas adalah sungai yang berada di jantung kota sekaligus membelah Kota Pahlawan, dengan rute wisata perahu meliputi, Taman Prestasi, Museum Pendidikan, Taman Ekspresi, dan Pancuran Patung Suro dan Boyo.

Para Balita Asuh sangat menikmati dan antusias selama acara Susur Sungai Kalimas yang diberangkatkan dari Dermaga Taman Prestasi hingga Monumen Kapal Selam berlangsung. Celoteh dan pertanyaan-pertanyaan serta tawa riang mewarnai suasana di 4 unit perahu yang digunakan saat susur sungai dalam suasana sore hari yang cerah.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas perhatian yang diberikan TPS kepada para balita kami,” ucap Harun Ismail, Camat Krembangan. “Keberadaan TPS di tengah masyarakat, utamanya di ring satu lokasi perusahaan, sangat dirasakan manfaatnya,” imbuhnya.

“Keberadaan TPS tidak lepas dari dukungan masyarakat, hingga keberhasilan TPS tentunya juga harus diimbangi dengan peningkatan kondisi masyarakat sekitar, dan dalam hal ini bagaimana TPS, masyarakat serta unsur Pemerintah Kota Surabaya dapat saling bersinergi demi generasi penerus bangsa, Anak-Anak Indonesia yang hebat,” papar Erika. (Gan)

Teks Foto: TPS petingati Hari Anak Nasional, menyusuri Sungai Kalimas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait