Peran Aparatur Pemerintah Desa dan Kelurahan Dalam Pemilukada Serentak 2018

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Running atau tahapan Pemilukada serentak 2018 saat ini masih dalam tahapan mempersiapkan Pembentukan PPK, PPS yang akan dilaksanakan pada 12 Oktober 2017 – 11 November 2017.

Berkenaan dengan peran penting aparat pemerintahan desa dan kelurahan, Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menyelenggarakan Sosialisasi “PERAN STRATEGIS APARATUR PEMERINTAH DESA DAN KELURAHAN DALAM PENYELENGGARAAN PILKADA SERENTAK TAHUN 2018” di Gedung Graha Krida Wiyata Universitas Tulungagung, Selasa 10 Oktober 2017, kemarin.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Ir. Usmalik. MSi, mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 19 Camat, 257 Kepala Desa dan 14 Lurah.

“Kalau tujuannya dari kegiatan ini diantaranya meningkatkan peran Aparatus Pemerintah Desa/Kelurahan dalam rangka Pilkada Serentak 2018, meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang peran strategis aparatur Pemerintah Desa/Kelurahan dalam rangka pilkada Serentak tahun 2018 dan mengoptimalkan peran aparatur Pemeritah Desa/Kelurahan dalam rangka Pilkada Serentak tahun 2018,” kata Usmalik.

Usmalik berharap, dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi ini, dapat mewujudkan masyarakat Tulungagung yang Ayem Tentrem Mulyo Lan Tinoto.

Sementara itu, Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo, berharap agar peran strategis aparatur Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam penyelenggaraan Pemilukada mampu memberikan pemahaman serta meningkatkan koordinasi antara berbagai unsur yang terlibat.

“Terutama menggerakkan peran serta masyarakat, sehingga penyelenggaraan Pemilukada serentak 2018 berjalan dengan tertib dan lancar,” ucap Syahri Mulyo.

Untuk diketahui, Pemilukada serentak tahun 2018 dilaksanakan oleh KPU dan pengawasannya dilaksanakan oleh Panitia Pengawas Pemilukada (Panwaslu). Namum Pemilukada juga membutuhkan dukungan stakeholders lain di luar penyelenggara. Yaitu Pemerintah Daerah, Kepolisian, TNI, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa/Kelurahan serta masyarakat.

Peran serta masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan Pemilukada, sangat diperlukan. Terutama untuk mengisi panitia pemilihan di tingkat kecamatan, desa sampai pada TPS, baik sebagai PPK, Panwascam, PPL maupun Linmas.

Dalam Pemilukada Serentak 2018 nanti, selain akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, ada 18 Kabupaten/kota di Jatim yang akan memilih Bupati-Wakil Bupati serta Wali Kota-Wakil Walikota.

Hadir dalam kegiatan ini selain Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE, Msi, yakni Wakil Bupati Drs. Maryoto Bhirowo MM, Kepala Bakesbangpol Rudy Christianto, SE, MM dan Komisioner KPU, Mohammad Fatah Masrun, MSi. (Ardi/editor: Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *