Peran Latihan Yoga Untuk Kesehatan

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Setiap kami bangun pagi sekitar pukul 08.00 datanglah Guru Yoga kami Pak Mulianto datang menutun segala gerakan diiringi pernafasan untuk latihan Yoga, badan kami dilunturkan dari berbagai gerakan streching otot agar tidak kaku,walaupun gerakan ringan tapi keringat keluar banyak, Apa yang dikatakan ” mensano incooperano sano” Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang waras! Tak salah bila kita bergerak badan rutin 60 menit sehari sebelum lakukan kerja rutin antara 7-8 jam sehari.bila badan sehat dan segar ,kwalitas kerja jadi bagus & sempurna.

Yoga untuk pemula perlu dilakukan dengan mengikuti beberapa petunjuk termasuk memilih gerakan yang mudah dilakukan terlebih dahulu hingga tubuh terbiasa. Jika dilakukan dengan rutin dan benar, olahraga satu ini dapat mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Yoga adalah olahraga yang berfokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik.

APA ITU YOGA ?
Yoga adalah olahraga yang mengombinasikan antara pikiran dan tubuh. Olahraga ini telah dilakukan sejak 5.000 tahun lalu dalam filosofi India kuno.Berbagai gaya yoga menggabungkan postur fisik, teknik pernapasan, dan meditasi atau relaksasi. Olahraga ini pun menjadi semakin populer sebagai bentuk latihan fisik. Yoga berasal dari tradisi kuno India yang secara harfiah, kata yoga berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “persatuan” atau “integrasi” karena praktik yoga melibatkan serangkaian gerakan tubuh (asana), pernapasan (pranayama), meditasi dan teknik relaksasi untuk mencapai keselarasan antara pikiran, tubuh dan jiwa

Yoga adalah bentuk latihan fisik yang melibatkan serangkaian gerakan tubuh:
1. pernapasan
2. Meditasi,
3. Relaksasi.
Praktik yoga menggabungkan aspek fisik, mental, dan spiritual untuk
1. meningkatkan kesehatan
2. kesejahteraan secara keseluruhan.

ASAL USUL YOGA
Yoga berasal dari tradisi kuno India yang secara harfiah, kata yoga berasal dari bahasa Sangsekerta yang berarti “persatuan” atau “integrasi” karena praktik yoga melibatkan serangkaian gerakan tubuh (asana), pernapasan (pranayama), meditasi dan teknik relaksasi untuk mencapai keselarasan antara pikiran, tubuh dan jiwa.

Dalam olahraga yoga, gerakan tubuh yang disebut asana menjadi fokus utama. Asana melibatkan serangkaian poses atau posisi yang melibatkan
1. peregangan,
2. Kekuatan
3. keseimbangan
4. Fleksibilitas tubuh.
Setiap asana memiliki manfaat khususnya, baik itu
1. Meningkatkan kekuatan otot
2. Memperbaiki postur
3. Meningkatkan fleksibilitas
4. Meredakan ketegangan dalam tubuh.

Selain gerakan fisik, pernapasan (pranayama) juga penting dalam yoga. Latihan pernapasan yang terkendali dan mendalam membantu
1. Mengalirkan energi dalam tubuh
2. Meningkatkan konsentrasi
3. Mengurangi stres.
Meditasi dan relaksasi juga merupakan komponen penting dalam olahraga yoga, membantu menenangkan pikiran, meningkatkan kesadaran diri, dan mencapai kedamaian batin.

Manfaat Olahraga yoga dapat memberikan
1. Keseimbangan tubuh
2. Meningkatkan kekuatan
3. Meringankan sakit punggung
4. Meningkatkan kualitas tidur
5. Mengurangi stres dan kecemasan
6. Membantu membakar lemak tubuh
7. Mengatasi berbagai masalah kesehatan2
8. Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh
9. Meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh
10. Meningkatkan kesehatan mental & kualitas hidup secara keseluruhan.

Yoga dapat dilakukan oleh berbagai kelompok usia dan tingkat kebugaran, dengan variasi intensitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu.
JENIS JENIS YOGA :
1. Yoga Ashtanga :Ashtanga menerapkan enam urutan postur yang dengan cepat menghubungkan setiap gerakan dengan napas.populer selama tahun 1970-an.
2. Bikram Yoga: dikenal sebagai yoga panas, bikram yoga dilakukan di ruangan dengan pemanas buatan pada suhu hampir 105 derajat Celsius dan kelembapan 40 %. Gerakannya biasanya berfungsi sebagai pengantar lembut untuk postur yoga dasar.
3. Yoga Iyengar :menggunakan berbagai alat peraga. Mulai dari balok, selimut, tali pengikat, kursi, dan guling.
4. Yoga Jivamukti:Jenis yoga ini muncul pada tahun 1984, menggabungkan ajaran dan praktik spiritual yang berfokus pada aliran cepat antara pose daripada pose itu sendiri.
5. Yoga Kripalu :Yoga jenis ini mengajarkan seseorang untuk mengetahui, menerima, dan belajar dari tubuh. Peserta kelas yoga kripalu akan belajar menemukan tingkat praktik mereka sendiri dengan melihat ke dalam.
6. Yoga Kundalini :Yoga kundalini adalah sistem meditasi yang bertujuan untuk melepaskan energi yang terpendam. Kelas biasanya dimulai dengan nyanyian dan diakhiri dengan nyanyian.
7. Yoga Prenatal :Yoga prenatal menggunakan postur yang dirancang untuk ibu hamil. Ini dapat mendukung tubuh untuk kembali ke bentuk semula setelah kehamilan serta mendukung kesehatan selama kehamilan.
8. Yoga Restorat :menggunakan alat peraga seperti selimut dan guling untuk tenggelam dalam relaksasi yang mendalam tanpa mengerahkan upaya apa pun untuk menahan pose tersebut.
9. Yoga Yin ;Yoga ini melibatkan postur dan peregangan yang sangat memperpanjang otot dan fasia (jaringan ikat) yang membungkus sendi dan semua otot.
10. Power Yoga :Power yoga adalah istilah luas yang digunakan untuk menggambarkan latihan dinamis, yang sering menggabungkan keseimbangan lengan dan inversi, dan pasti membuat kamu berkeringat.
11. Rocket Yoga satu jenis yoga dengan gaya kebarat-baratan. Ditandai dengan mengikuti pola serupa di setiap kelas dengan berbagai postur.
12. Acro Yoga:Yoga jenis ini bukan untuk pemula, melainkan untuk tingkat menengah dan lanjutan.
13. Aerial Yoga ;Aerial yoga atau yoga udara melibatkan penggunaan tempat tidur gantung (hammock) atau sling, untuk menempatkan tubuh dalam postur tertentu. Ini adalah jenis yoga yang menyenangkan untuk dilakukan dan membuka pintu untuk manfaat inversi (postur terbalik) untuk semua.Ia juga sangat bagus untuk dekompresi tulang belakang, oksigenasi otak dan distribusi cairan di wajah.

KESIMPULAH :
1. Mari lakukan Yoga setiap hari antara 30- 60 menit
2. Yoga adalahnprepaduan antara gerak badan dengam pernafasan
3. Memilih jenis Yoga sesuai dengan kemampuan masing masing.
4. Tidak hanya menjaga kesehatan fisik, yoga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental, seperti meningkatkan kepercayaan diri dan suasana hati, serta membantu mengelola gejala kecemasan, stres, dan depresi.
Demikian sekilas info singkat untuk berolahraga Yoga agar tercipta badan sehat pikiran waras,
Rakyat sehat negara kuat !
RobertoNews1808《8.7.24(08.45)》
• Prakrisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait