Perang dunia ke-3 semakin nyata

  • Whatsapp

Oleh : Wibisono

Saat ini sedang terjadi perang antara Rusia-Ukraina (sudah lebih 2 tahun) dan perang di Timur Tengah akibat konflik berkepanjangan Israel-Palestina yang telah meluas dengan melibatkan Yaman, Libanon dan Iran yang semakin panas berkembang menuju perang terbuka.

Kedua perang ini memiliki dampak geopolitik global negara-negara didunia yang saat ini masih dalam kondisi krisis berat, dan mempunyai dampak juga bagi Indonesia, baik dalam ketahanan pangan dan energi, situasi politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan.

Pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPR RI tanggal 25 September 2024, Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang merupakan Presiden Indonesia terpilih 2024-2029 menyatakan bahwa akibat perang tersebut ber-potensi terjadi pecahnya Perang Dunia Ke-3 yang dalam geopolitik global pernyataan ini bukanlah pernyataan berlebihan, tetapi refleksi dari realitas yang dihadapi dunia saat ini. Situasi Dunia dalam keadaan sangat rapuh, terjadi ketegangan antara kekuatan besar seperti Amerika Serikat, Rusia dan Tiongkok yang terus meningkat.

Geopolitik global semakin tidak stabil, dan
Sekretariat Kabinet Republik Indonesia dalam laman resmi merilis analisa bahwa
semakin eskalatif konflik di Kawasan Timur tengah, semakin besar pula dampak negatifnya terhadap perekonomian global, terutama dalam hal pertumbuhan
ekonomi dan inflasi.

Peringatan Prabowo Subianto mengenai potensi pecahnya Perang Dunia ke-3 dalam geopolitik global bukanlah pernyataan berlebihan, tetapi refleksi dari realitas yang dihadapi dunia saat ini. Sebagai Menteri Pertahanan,dalam sesi dengar pendapat dengan DPR RI, mengingatkan bahwa dunia tengah berada dalam situasi sangat rapuh, dengan ketegangan antara kekuatan besar seperti Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok yang terus meningkat. Dalam konteks demikian, peran Indonesia sebagai negara dengan kebijakan non-blok dan lokasi strategis di kawasan Indo-Pasifik memiliki signifikansi tersendiri.

Indonesia berada di tengah-tengah dinamika geopolitik yang semakin kompleks, khususnya di kawasan Indo-Pasifik yang menjadi arena persaingan utama antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Akankan perang dunia ke-3 akan menjadi kenyataan….

Penulis: pengamat militer

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait