Perempuan Menjadi Masinis Kereta, Kenapa Tidak!

  • Whatsapp
KAI telah mencetak masinis dari kalangan perempuan (foto: Humas KAI)

Jakarta, beritalima.com| – PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) telah mempersiapkan masinis kereta dari kalangan perempuaan. Seperti biasa kita jumpai, masinis kereta memang didominasi kalangan pria.

Namun kini, sudah ada tiga perempuan yang pegang kemudia kereta (masinis). Mereka aalah Ajeng Elsantika Purnawati (22 tahun) asal Lamongan, Jawa Timur, Dheamorita Wira Candra (22 tahun) dari Madiun, Jawa Timur dan Siti Avyony Haydin Putri (21 tahun) dari Mojokerto (Jawa Timur).

Sementara ini ketiga srikandi masinis menjalani tugass untuk jenis kereta non-listrik. “Mereka saat ini berkedudukan sebagai masinis pertama di Daop 2 Bandung (Jawa Barat). Ketiga masinis perempuan tersebut berdinas untuk feeder KCJB (Kereta Cepat Jakarta Bandung) di Daop 2 Bandung,” ujar Anne Purba, Vice President Pubic Reations PT KAI.

Menurut Anne, lowongan untuk mengisi profesi masinis disesuaikan dengan kebutuhan dan dibuka seluas-luasnya dengan tetap berpatokan pada standar seleksi yang ditetapkan KAI, melalui seleksi sangat ketat.

KAI mendidik sumber daya manusia (SDM) para calon masinis di dua tempat Pendidikan. Yakni Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian (BPTP) Sofyan Hadi di Bekasi untuk kereta listrik dan Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) Darman Prasetyo Yogyakarta bagi kereta non listrik.

Tugas utama seorang masinis, sambung Amme, “mereka bertanggung jawab untuk mengoperasikan kereta dengan penuh keahlian serta paham akan semboyan tentang perkeretaapian,  menjaga jadwal perjalanan sesuai kecepatan yang telah ditentukan, dan memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman dan aman bagi pelanggan.”

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait