Peringati 10 Muharram, Pemdes Betoyoguci Kembali Salurkan Santunan Pendidikan untuk Anak Yatim

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com-Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Desa (Pemdes) Betoyoguci Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik melalui Yayasan at-Thoybah kembali memberikan santunan pendidikan kepada anak yatim dan dhuafa, Rabu (17/7/2024).

Bertempat di balai desa dan disaksikan tokoh masyarakat setempat, sebanyak 20 anak yatim dan dhuafa dari mulai usia PAUD, SD hingga SLTA menerima santunan.

Ketua Yayasan at-Thoybah, Muhajir mengungkapkan untuk anak yang sekolahnya masih di jenjang PAUD, mendapatkan santunan Rp800.000, anak jenjang SD dan SLTP mendapatkan Rp850.000. Sedangkan yang di jenjang SLTA mendapatkan Rp900.000.

“Masing-masing anak malam ini menerima 300 ribu rupiah. Sedangkan sisanya langsung kami masukkan ke tabungan di sekolahnya,” ungkap Muhajir.

Sementara Kepala Desa (Kades) Betoyoguci Muhammad Suhel menjelaskan santunan untuk anak yatim dan dhuafa dilakukan dua kali dalam setahun. Yakni di bulan Ramadhan dan Muharram.

“Kita rutin setiap tahun memberikan santunan untuk anak yatim dan dhuafa, yakni di bulan Ramadhan dan Muharram tepatnya pada 10 Muharram atau hari Asyura,” jelasnya.

Ditambahkan, santunan anak yatim di bulan Muharram ini akan diberikan lagi pada tanggal 21 Juli mendatang yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan tahun baru Islam 1446 Hijriyah.

“Pada tanggal 21 Juli nanti kitab akan berikan santunan lagi yang dirangkai peringatan tahun baru Islam dengan shalawat di Masjid Baiturrahman,” tambahnya.

Dijelaskan, Yayasan At-Thoybah merupakan lembaga sosial milik Pemdes Betoyoguci yang mengelola donasi dari masyarakat serta pihak ketiga. Program utamanya adalah santunan pendidikan anak yatim dan pemberdayaan kaum dhuafa

Untuk pemberdayaan kaum dhuafa, Yayasan at-Thoybah bekerja sama dengan instansi terkait mengadakan bimbingan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Bimbingan tersebut meliputi cara memulai usaha, hingga teknis penjualan baik penjualan online maupun offline.

Untuk penjualan online Pemdes Betoyoguci membuatkan fasilitas berupa grup pasar online yang anggotanya +/- 400 orang mencakup lingkungan sekitar terutama desa Betoyoguci dan Betoyo Kauman.

Untuk permodalan, Pemdes Betoyoguci mengandalkan Koperasi Wanita (Kopwan). Kopwan adalah program andalan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi dan UMKM yang dibentuk di setiap desa.

Kopwan Desa Betoyoguci merupakan yang terbaik di Kecamatan Manyar. Aset kopwan desa mencapai Rp733 juta. Anggotanya berjumlah 176 orang.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait