Peringati HAN, Inilah Tips Cemilan Sehat untuk Anak

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Menyambut perayaan Hari Anak Nasional (HAN) pada 23 Juli, pelaku UMKM asal Kota Tangerang, Yuni Astuti, bekerja sama dengan Ninja Xpress, berbagi tips memilih cemilan sehat untuk anak-anak.

“Memilih cemilan yang sehat untuk anak-anak sangatlah penting. Karena, cemilan yang tepat tidak hanya memberikan energi, tetapi juga mempengaruhi tingkat pertumbuhan dan perkembangan mereka secara keseluruhan,” ujarnya.

“Hakikatnya, buah dan sayur merupakan sumber zat gizi makro yang sangat bermanfaat bagi tubuh, karena kedua komponen gizi tersebut sangat penting dalam proses metabolisme tubuh anak,” lanjut dia.

Menurutnya, cemilan sehat yang lezat dan bergizi tidak hanya menggugah selera anak-anak, tetapi juga mengandung nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Berikut 5 tips memilih cemilan sehat untuk anak-anak dari Yuni Astuti yang dirilis Ninja Xpress ke beritalima.com.

1. Pilihlah Produk Organik
Pastikan cemilan yang dipilih terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti bahan organik atau alami. Bahan makanan organik ini membantu mengurangi risiko paparan anak terhadap pestisida dan bahan kimia berbahaya yang dapat berpotensi membahayakan kesehatan anak-anak.

Bahan organik juga tidak diolah dan diproses dengan zat atau bahan tambahan seperti pengawet, pemanis buatan, pewarna dan perasa atau Monosodium Glutamate (MSG).

2. Perhatikan Label Nutrisi Cemilan
Hindari cemilan yang mengandung Bahan Tambahan Pangan (BTP), karena dapat berdampak buruk pada kesehatan anak, termasuk risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

Pastikan untuk selalu memeriksa label nutrisi pada kemasan produk. Perhatikan jumlah kalori, lemak (terutama lemak jenuh dan trans fat), protein, serat, serta vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

3. Cari Variasi Rasa dan Pilihan
Untuk meningkatkan minat anak-anak terhadap makanan sehat, berikan mereka variasi rasa dan pilihan.

Makanan yang mengandung berbagai jenis buah, sayur, atau kacang-kacangan tidak hanya menawarkan variasi yang menarik, tetapi juga memberikan nutrisi yang beragam yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

4. Libatkan Anak Dalam Memilih
Melibatkan anak dalam proses memilih cemilan mengajarkan mereka tentang pentingnya makanan sehat sejak dini. Ajak mereka untuk aktif memilih dan mencoba berbagai jenis makanan sehat.

Dengan melibatkan anak untuk memilih tidak hanya meningkatkan minat mereka terhadap makanan sehat, tetapi juga membantu mereka memahami pentingnya pola makan yang baik bagi kesehatan mereka.

5. Ajarkan Kebiasaan Makan Sehat
Selain memilih cemilan sehat, penting pula mengajarkan anak-anak kebiasaan makan sehat secara umum. Beri mereka contoh dengan memperkenalkan dan mengonsumsi makanan yang seimbang dan teratur seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan susu atau alternatif olahan susu.

Bantu mereka memahami pentingnya menjaga pola makan yang seimbang untuk mendukung kesehatan dan pertumbuhan mereka.

“Kami percaya bahwa mengedukasi anak tentang makanan sehat sangat penting dalam membentuk kebiasaan hidup yang baik sejak dini,” kata Yuni Astuti.

“Kami berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan cemilan yang lezat, tetapi juga memberikan informasi dan tips kepada orang tua tentang bagaimana memilih makanan sehat untuk anak-anak,” tutup Owner Himari Snack ini (Gan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait