Peringati Hari Mangrove Sedunia, PLN Tanam 1.000 Mangrove Bebas Plastik di Surabaya

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Turut mendukung peringatan Hari Mangrove Sedunia, pekan lalu PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur berkolaborasi dengan Solinatra, Indonesian German Institute (ATMI IGI), Jejakin dan Yayasan Karya Bakti melakukan penanaman 1.000 Mangrove bebas plastik di Adventure Land Romokalisari, Surabaya.

Dalam kolaborasi ini, penanaman mangrove dilakukan secara ramah lingkungan dengan mengganti polybag plastik dengan pot yang terbuat dari bahan organik yang dapat terurai.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo mengatakan, kegiatan ini menandai PLN sebagai BUMN pertama yang menerapkan konsep penanaman mangrove bebas plastik dan pemantauan karbon menggunakan teknologi digital dengan pemasangan tagging pada pohon yang ditanam.

“Melalui kegiatan penanaman ini, PLN bersama seluruh kolaborator berharap penanaman mangrove di kawasan pesisir dapat memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan mampu memberi kontribusi pengurangan emisi CO2 secara optimal,” papar Agus.

Hal ini menjadi wujud komitmen dalam mengurangi dampak lingkungan dan mendukung program keberlanjutan. Melalui penanaman Mangrove yang terus dilakukan, PLN berkontribusi mengurangi emisi karbon dan mendorong pemanfaatan tanaman mangrove bernilai ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Perwakilan Solinatra, Ismail Chamdan, mengatakan, penggunaan biopot Solinatra merupakan langkah maju dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Biopot Solinatra adalah solusi inovatif yang mendukung upaya kita dalam mengurangi sampah plastik dan meningkatkan keberlanjutan. Penanaman mangrove dengan metode ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi inisiatif serupa di masa depan,” katanya.

Kegiatan ini diakhiri dengan penanaman mangrove secara simbolis oleh para peserta dan diikuti dengan pemantauan monitoring karbon oleh tim Jejakin. Seluruh peserta, termasuk perwakilan PLN, mitra binaan, dan masyarakat setempat, terlibat aktif dalam kegiatan ini dengan semangat gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan.

Pada kesempatan yang lain, PLN juga turut berkontribusi dalam penanaman mangrove pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kebun Raya Mangrove Surabaya. Hutan Mangrove Surabaya ini merupakan Kawasan konservasi sekaligus destinasi eduwisata karena merupakan habitat flora dan fauna di wilayah Surabaya.

PLN berharap melalui berbagai kegiatan pelestarian lingkungan yang berkelanjutan, dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan dan organisasi lain untuk menerapkan praktik yang lebih ramah lingkungan dalam operasional mereka.

“Melalui kolaborasi dan inovasi, PLN berkomitmen untuk terus mendukung program-program keberlanjutan dan pelestarian lingkungan, demi masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang,” pungkas Agus. (Gan)

Teks Foto: PLN UID Jatim bersama Solinatra, ATMI IGI, Jejakin dan Yayasan Karya Bakti tanam 1.000 Mangrove bebas plastik di Romokalisari, Surabaya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait