Peringati Hari Santri 2023, Pemkab Trenggalek Gelar Apel Akbar di Alun-alun

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Santri telah menjadi salah satu bagian tak terpisahkan serta memiliki peran penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Keberadaannya, sejak jaman sebelum kemerdekaan hingga sekarang sudah jelas terbukti nyata. Banyak nama pahlawan nasional yang terukir itu merupakan kalangan santri atau bahkan kyai. Sehingga, eksistensi santri di Indonesia tidak diragukan lagi.

Hal tersebut, sebagaimana disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Trenggalek, Syah Muhammad Natanegara dalam apel peringatan Hari Santri Tahun 2023 di alun-alun Kabupaten Trenggalek, pada Minggu 22 Oktober 2023. Dirinya juga sempat menyebut jika santri adalah bagian dari salah satu pilar penjaga NKRI. Mengingat, sudah banyak andil dan kiprah para ulama serta santrinya yang dipersembahkan kepada Bumi Pertiwi.

“Eksistensi santri dan ulama sejak jaman dahulu sudah ada. Selain dalam upaya merebut sekaligus menjaga kedaulatan negara, santri juga menjadi cermin peradaban bangsa,” ungkap Wabup Trenggalek.

Menurutnya, keberadaan santri merupakan sebuah anugrah yang harus di syukuri bersama. Karena, tidak semua negara memiliki santri – santri seperti di Indonesia. Pun begitu, tidak boleh ini menjadikan lalai sehingga harus dijaga melalui kontribusi aktif untuk bangsa dan tanah air.

“Mari bersama-sama kita jaga kesatuan dan persatuan bangsa. Tunjukan maruwah santri dengan memberikan kontribusi aktif kepada bangsa, negara dan masyarakat,” ajak Syah Natanegara.

Hari Santri Nasional sendiri, masih kata dia, diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Tanggal ini dipilih karena memiliki makna sejarah yang sangat penting bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 22 Oktober 1945, kalangan ulama yang dipelopori oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyerukan Resolusi Jihad di Surabaya, Jawa Timur. Resolusi Jihad sendiri merupakan seruan untuk melawan penjajah Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia setelah Jepang menyerah kepada Sekutu pada Perang Dunia II.

“Alhamdulillah sebagaimana kita ketahui santri adalah pilar penjaga NKRI. Maka dari itu untuk santri di seluruh Indonesia selamat berbahagia karena keberadaan kita diakui oleh negara sehingga kita memiliki kewajiban untuk bisa menjaga amanah yang diberikan oleh negara,” pungkas Wabup. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait