Peringati HLN Ke-79, PLN dan MKI Ajak Implementasikan Transisi Energi

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) ke-79, PT PLN (Persero) Grup Jawa Timur dan Masyarakat Kelistrikan Indonesia (MKI) mengajak stakeholder mengimplementasikan transisi energi di berbagai lini.

Ketua MKI Wilayah Jawa Timur, Dwi Kusnanto, dalam Seminar Transisi Energi MKI Wilayah Jawa Timur pada Selasa (08/10/2024) mengatakan, transisi energi menjadi menjadi semakin menarik karena akan menyangkut masalah lingkungan dan ketersediaan sumber daya.

“Implementasi transisi energi tentunya akan melibatkan kebijakan pemerintah yang mendukung penggunaan sumber energi terbarukan. Seminar hari ini merupakan bentuk nyata peran serta MKI Jatim dalam merespon kondisi aktual dan faktual khususnya di bidang ketenagalistrikan,” papar Dwi.

Ia menambah, agenda ini menjadi penting untuk menyamakan langkah dalam implementasi transisi energi khususnya di lingkungan pemerintah daerah, lembaga-lembaga pendidikan, para pemangku kepentingan, dan masyarakat khususnya di Daerah Jawa Timur.

Hadir langsung dalam acara ini, Ketua Umum DPP MKI sekaligus Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PT PLN (Persero), Evy Haryadi mengatakan, sejak tahun 2021 PLN berkomitmen untuk mencapai ‘Net Zero Emission’ (NZE) di tahun 2060.

“Untuk menuju NZE tahun 2060, PLN harus menyeimbangkan antara keandalan pasokan listrik, keterjangkauan, dan keberlanjutan lingkungan sembari menjaga finansial korporat PLN,” kata Evy.

“Berbagai upaya telah disusun, PLN berada di garis terdepan dalam inovasi teknologi untuk mendukung program dekarbonisasi melalui energi baru terbarukan serta infrastruktur penunjangnya,” imbuhnya.

Langkah implementasi ini disambut baik oleh berbagai stakeholder yang hadir, baik dari sisi pemerintahan, akademisi maupun masyarakat umum.

Kepala Dinas ESDM Jawa Timur, Aris Mukiyono, dan Akademisi ITS, Prof Dr. Ir. Mochamad Ashari, memaparkan materi dan pandangan mengenai transisi energi.

“Jawa Timur memiliki potensi energi terbarukan yang cukup besar. Peran signifikan pemerintah ialah dengan mendukung kebijakan untuk transisi energi menuju penurunan emisi karbon,” kata Aris Mukiyono.

Disebutkan, saat ini di Jawa Timur memiliki 7 pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan total kapasitas 21,33 MW. General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo mengatakan, untuk menambah bauran EBT, PLN menggarap proyek PLTP Ijen sebesar 110 MW yang diproyeksikan beroperasi pada 2026. (Gan)

Teks Foto: Seminar Transisi Energi MKI Wilayah Jawa Timur di Surabaya, Selasa (08/10/2024)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait