Personil Gabungan Cari Tahanan Kabur Di Ketapang

  • Whatsapp

Banyuwangi Beritalima.com – Sekitar 75 personil gabungan Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi (KPT), Kompi Siaga dan Bintara Remaja Polres Banyuwangi menggelar razia khusus di Pelabuhan ASDP Ketapang. Operasi digelar dalam rangka membantu pencarian terhadap 7 tahanan kasus narkoba Polres Malang yang kabur dari sel.

Operasi gabungan yang digelar di pintu masuk Pelabuhan ASDP Ketapang dipimpin oleh Kabagops Polres Banyuwangi AKP Samsudin didampingi Kapolsek KPT AKP Sudarmaji. Sejak pukul 20.00 WIB, Rabu (19/4/2017), personil gabungan memeriksa seluruh kendaraan yang hendak melintas masuk pelabuhan.

Angkutan barang maupun orang diperiksa secara teliti. Sejumlah penumpang bus maupun travel diminta menunjukkan KTP. Para petugas kemudian memeriksa identitas yang tertera dalam kartu kependudukan yang diserahkan para penumpang untuk dicocokkan dengan gambar para tahanan yang kabur.

Aparat langsung mengembalikan KTP setelah dipastikan pemiliknya bukan tahanan kasus narkoba yang dicari. Sebelum berlalu, petugas juga bertanya kepada para penumpang apakah pernah mengenali dan melihat keberadaan para pelaku.

Operasi khusus ini baru berakhir Kamis (20/4/2017) pagi. Pola pemeriksaan sama, yakni fokus terhadap pencarian tahanan Polres Malang yang kabur melalui atap ruangan sel. Menurut Kapolsek KPT, pelanggaran lain seputar senjata tajam, senjata api, narkoba, dan bahan peledak juga menjadi target operasi aparat gabungan.

“Hasil negatif. Pemeriksaan yang digelar sejak malam hingga pagi tidak menemukan tahanan Polres Malang yang kabur naik angkutan umum menuju Bali. Pelanggaran lain bahkan tidak ada,” terang AKP Sudarmaji, Kamis pagi.

Operasi gabungan ini, tambah mantan Kasat Sabhara Polres Banyuwangi, digelar menindaklanjuti intruksi Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto pada Rabu sore. Pelabuhan Ketapang menjadi salah satu titik yang paling diawasi karena menjadi penghubung antara Pulau Jawa dan Dewata.

“Bisa jadi tahanan yang kabur lari ke timur. Apalagi kasus narkoba, sangat dimungkin Bali menjadi daerah pelarian,” jelasnya lagi.

Sebenarnya, Polsek KPT secara rutin menggelar razia di pintu masuk maupun keluar Pelabuhan ASDP maupun LCM Ketapang. Operasi rutin itu dikenal dengan istilah Tiada Hari Tanpa Razia (THTR). Razia itu ditingkatkan tiap kali ada even internasional di Bali atau disaat ada kasus besar semisal teroris dan tahanan kabur. (Abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *