Perwanas Gelar GERMAS Bagi Masyarakat Lombok Barat

  • Whatsapp

Lombok barat, beritaLima – Sejumlah masyarakat Lombok Barat mendapat pelatihan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Hotel Puri Indah, kemarin (19/8). Pelatihan ini diselenggarakan Perkumpulan Pergerakan Wanita Nasional Indonesia (Perwanas) pusat dengan Kemenkes RI.

Ketua Perwanas NTB Vera Irsanti menuturkan, Germas dan Keluarga Sehat merupakan program kesehatan yang mengharuskan fasilitas kesehatan primer, aktif melakukan pendekatan keluarga.

“Artinya, tenaga kesehatan tidak menunggu masyarakat untuk datang saat sakit. Namun menghampiri masyarakat dan melakukan promosi kesehatan,” lanjutnya.

Berdasarkan data BPJS, beberapa penyakit seperti jantung, diabetes, kanker, dan gagal ginjal cukup banyak dialami masyarakat. Jika tidak menggesernya ke arah preventif promotif, masyarakat akan terus menerus terlena dan akhirnya jatuh sakit.

Ia berharap, saat ini masyarakat mengunjungi fasilitas kesehatan tidak hanya dalam keadaan sakit. Namun juga rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Ia juga menghimbau Dinas Kesehatan untuk terus melakukan upaya promosi kesehatan di masyarakat. Khususnya fokus pada tiga kegiatan. Di antaranya meningkatkan aktifitas fisik masyarakat, promosikan konsumsi sayur dan buah, serta perkuat cakupan deteksi dini penyakit tidak menular.

“Kalau kita lihat di fasilitas kesehatan primer sekarang orang masih banyak datang dalam keadaan sakit. Padahal kita ingin orang datang dalam keadaan yang sehat dan mengecek kesehatannya. Karena itu road map kita bersama Kemenkes mendorong kembali ke arah pendekatan keluarga,” pungkasnya.

(Red/dew)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *