Pesisir Pabean Berkilau: Pengembangan Potensi Pantai Desa Pabean, Probolinggo dengan Kolaborasi Harmonis Tim UPN “Veteran” Jawa Timur Mengabdi

  • Whatsapp

Probolinggo, 9 November 2023 – Pantai Tugu terletak di Desa Pabean, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, berjaraknya sekitar 500 meter dari jalan utama dengan akses jalan yang bisa dilewati kendaraan roda empat memiliki keindahan alam yang memukau dan pesona budaya yang kaya. Potensi yang dimiliki Pantai Tugu belum sepenuhnya dimanfaatkan terutama dalam konteks pariwisata akibat adanya Covid-19.

UPN Mengabdi bertujuan untuk mengembangkan potensi Pantai Tugu yang tak terbatas melalui beberapa kegiatan yaitu pelatihan pembuatan kerajinan tangan, desain tipografi, desain site plan, perwujudan mural, dan pembuatan website desa, yang pada masanya akan mengoptimalkan sektor pariwisata Pantai Tugu. Kolaborasi erat antara masyarakat Desa Pabean dan Tim UPN Mengabdi menjadi cerminan nyata dari upaya-upaya bersama untuk mengoptimalkan potensi Pantai Tugu guna menghidupkan kembali wisata Pantai Tugu.

“Tim UPN Mengabdi mengembangkan kreatifitas dan pengetahuan mendalam tentang pariwisata berkelanjutan. Kami tidak hanya mengajar teknik-teknik seni kepada masyarakat Desa Pabean, tetapi juga membimbing masyarakat Desa Pabean dalam merencanakan dan melaksanakan proyek-proyek seni serta pariwisata yang berkesan.” papar Dr. Zainal Abidin Achmad, S.Sos., M.Si., M.Ed. selaku Ketua Tim UPN Mengabdi di Desa Pabean, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo.

Pelatihan kerajinan tangan lokal berbasis pada kearifan lokal menjadi pondasi keberhasilan, dalam kerja sama Tim UPN Mengabdi dan masyarakat Desa Pabean dalam seni pembuatan kerajinan tangan sebagai oleh-oleh yang menggoda mata. Pengembangan keterampilan ini bukan hanya menghasilkan produk yang luar biasa, tetapi juga menciptakan peluang ekonomi baru bagi penduduk setempat.

Mengelola ruang di sekitar pantai dengan bijaksana adalah kunci keberhasilan. Pembuatan desain seni tipografi yang memukau, pembuatan desain site plan yang cermat dengan memastikan bahwa infrastruktur pendukung seperti tempat parkir, area rekreasi, tempat ibadah sarana pra sarana lainnya ditempatkan secara efisien. Hal tersebut dapat meningkatkan kepuasan pengunjung tanpa merusak keindahan alam sekitar. Perwujudan seni mural yang memperindah dinding-dinding di sekitar Pantai Tugu menambah estetika dan menarik pengunjung untuk berswafoto.

Program pembuatan website desa melalui digitalisasi web desa yang berisi informasi seputar Pantai Pabean, kerajinan lokal, seni mural atau kegiatan pariwisata lainnya dapat diakses oleh siapa saja, kapanpun dan dimanapun. Dalam era digital, website desa adalah jendela dunia. Situs web ini tidak hanya mempromosikan pariwisata, tetapi juga menciptakan kesempatan bagi masyarakat lokal untuk memasarkan produk-produk mereka secara global.

Menurut Kepala Desa Pabean yakni Bapak Sulistiono, beliau senang dengan adanya program UPN Mengabdi di Desa Pabean. Hal tersebut karena setelah pandemi COVID-19, Pantai Tugu sepi pengunjung. Semoga dengan adanya program ini, ada aktivitas pariwisata kembali di Pantai Tugu dan perekonomian masyarakat sekitar bisa membaik.

Dalam tepian Pantai Tugu yang berseri,
Kerja sama dan seni bercampur aduk membentuk harmoni,
Masyarakat dan UPN Mengabdi bersatu dalam tekad ini,
Membentuk pariwisata berkelanjutan tanpa tapi.

beritalima.com

Pos terkait