Pesona Pulau Sempu Di Kabupaten Malang

  • Whatsapp

MALANG, beritalima.com – Secara geografis, Pulau Sempu terletak di antara 112° 40′ 45″ – 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ – 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikelilingi Samudera Hindia di sisi selatan, timur dan barat.

psempu

Pulau sempu merupakan pulau yang tidak berpenduduk dan di dalamnya hanya terdiri dari hutan berbukit yg sebagian besar adalah hutan mangrove. Pulau Sempu memiliki sebuah danau yaitu segara anakan, danau ini merupakan danau pasang surut air laut yang indah. Meskipun memiliki kedalaman sekitar 5 meter, danau ini aman untuk kegiatan snorkling ataupun hanya sekedar berenang karena sudah terbebas dari ombak laut lepas Samudra Indonesia.

Pulau Sempu salah satu dari surga panorama wisata Indonesia. Daya tarik Pulau ini adalah sebuah danau alami yang berada di tengah-tengah pulaunya. Danau ini terbentuk dari ganasnya ombak air laut selatan yang masuk melalui celah tebing pembatas pulau yang berlubang di salah satu sisi pulau. Selain itu, pasir yang terdapat di Pulau Sempu sangatlah bersih dan lembut

Lokasi Pulau Sempu sendiri berada di Pantai (Tempat Pelelangan Ikan) Sendang Biru Kabupaten Malang (Malang Selatan), Propinsi Jawa Timur. Untuk mencapai Pulau ini dari kota Malang anda disarankan membawa kendaraan pribadi roda empat.Jarak dari kota Malang menuju Pulau Sempu sendiri sekitar 69 km. Saat anda sampai di Pantai Sendang Biru, anda harus menyewa perahu boat yang berbiaya sekitar 150 ribu untuk mencapai Pulau Sempu. Jangan lupa, nanti Ibu penjaga perahu akan memberikan nomor ponseolnya untuk anda hubungi ketika anda bermaksud hendak pulang dan minta dijemput di tepi Pantai Pulau Sempu.

Pulau Sempu Salah satu lokasi favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara adalah keindahan tepi jurang Pulau Sempu. Keindahan yang masih perawan dan harap berhati-hati, karena didaerah ini dapat membahayakan keselamatan anda sebagai pengunjung.

Selain berkemah dan bermalam di Pulau Sempu, pengunjung juga dapat melakukan snorkling di segara anakan yang akan memberikan nuansa tersendiri karena terumbu karangnya masih sangat alami dan belum rusak oleh tangan-tangan jahil manusia.

Tak hanya itu saja, keindahan Pulau Sempu juga dapat kita nikmati di kala senja mulai menepi. Perpaduan antara bukit yang menjulang, lautan yang luas dan temaramnya sang surya menciptakan pemandangan yang tak dapat dilupakan.

Pulau sempu adalah cagar alam yang di lindungi oleh pemerintah secara geografis terletak bujur timur dan  lintang selatan atau terletak di sumber manjing wetan kab.Malang Jawa Timur. Pulau ini memiliki luas sekitar 877 hektar berbatasan dengan selat sempu atau (pantai sendang biru) di pulau ini terdapat pantai yang tersembunyi yaitu segara anakan untuk menyeberang ke pulau sempu kita harus ke balai konservasi terlebih dahulu.

Di balai konservasi  pengunjung  akan di data oleh petugas dan membayar tiket sebesar Rp 50.000,- pengelola segara anakan juga menyediakan guide untuk menemani kita di perjalanan      menuju lokasi, cukup hanya membayar guide sebesar Rp.100.000,-, sebelumnya  kita akan di briefing oleh guide terlebih dahulu untuk mematuhi aturan-aturan yang wajib kita patuhi, selanjutnya  di data dan di briefing, kemudian  kita akan berjalan menuju kapal penyeberangan dan menyewa kapal, kapal tersebut cukup kecil hanya bisa mengangkut 10 sampai 15 orang dan harga sewa  kapal sebesar Rp.100.000,- sampai Rp.150.000,- saja.

Jalan yang berlumpur dan batu karang menemani kita dan kera-kera liar, kita harus mempersiapkan kondisi kita untuk menuju segara anakan jperjalanan  memakan waktu kurang lebih 2-2,5 jam dan jangan lupa harus membawa bekal minum atau makananan ringan sebab di segara anakan kita tidak menjumpai orang jualan dan jangan lupa membuang sampah pada tempatnya atau sampah kita bawa pulang.

Wisatawan bisa melakukan perjalanan sambil menikmati keindahan panorama, meskipun  sangat melelahkan namun akan terbayar oleh indahnya pantai segara anakan, pasir yang sangat putih air yang jernih dan ikan-ikan akan terlihat jelas dan mempesona, tempat  ini di sekelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang sangat indah dan airnya sendiri masuk melalui ombak yang menembus ke dalam lubang yang berada di depan laut lepas samudra hindia.

Perjalanan akan   memakan waktu 10-15 menit untuk sampai di pulau sempu, kita akan disambut dengan kera-kera yang masih liar, untuk sampai kelokasi  segara anakan pengunjung di haruskan berjalan kaki,  ini kita akan sangat melelahkan dan menguras tenaga sebab medan yang kita lalu cukup berat, apalagi musim hujan Jalan yang berlumpur dan berbatu karang menemani kita.

Meskipun.perjalanan sangat melelahkan kita akan terbayar oleh indahnya pantai segara anakan pasir yang sangat putih air yang jernih dan ikan-ikan akan terlihat jelas dan mempesona, segara anakan juga di sekelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang sangat indah dan airnya sendiri masuk melalui ombak yang berbuih.

Pengunjung dapat bersantai sambil memancing, duduk-duduk di bawa pohon-pohon, makan-makan dengan bekal yang dibawa sambil melihat masuknya air laut dari lubang atau juga mengabadikan momon-momen yang  jarang kita dapatkan  disini, dan juga sangat tepat untuk menyejukkan pikiran yang lagi jenuh setelah melakukan aktifitas kerja  setiap hari.

Pengunjung juga dapat menikmati laut lepas samudra hindia yang ombaknya begitu besar dan sangat indah,  disini juga banyak yang camping  untuk melihat momen sunset dan sunrise, setiap pengunung jangan lupa selalu menjaga  barang bawaannya sebab, kera-kera liar akan mendekat kepada kita untuk merampas bawaan kita.

Wisatawan yang hendak berwisata ke Pulau Sempu bisa Anda mulai perjalanan dari kota Malang, dari kota Malang Anda bisa melewati jalur yang menuju kecamatan Sumbermanjing wetan, tepatnya berada diwahana wisata pantai Sendang Biru, akan tetapi untuk mencapai pulau Sempu ini Anda diharuskan untuk menggunakan perahu motor, karena tidak ada akses jalan darat menuju pulau tersebut.

Perkembangan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Sempu cukup signifikan di tahun 2016 ini semua tidak terlepas dari kerja keras instansi Pemerintah Kabupaten Malang yang telah berkerjasama  dengan Pemerintah Provinsi Jatim, pembangunan sarana transfortasi, infrastruktur, jalan-jalan yang sudah bagus, fasilitas Hotel-hotel yang sudah memadai, penduduknya yang berbudaya sehingga menambah banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata kota Malang.

Kemanfaatan merupakan inti dari pariwisata. Dengan adanya kepariwisataan yang makin terorganisir diharapkan sektor ini akan dapat banyak memberikan manfaat dan dapat membantu dalam mensejahteraan masyarakat Jawa Timur.

Segara anakan sendiri bersal dari bahasa jawa yaitu segara (pantai) anakan (anak), pantai ini masih alami belum banyak terjamah oleh wisatawan sebagai cagar alam kita harus jaga dan melindungi  untuk anak cucu kita,supaya kelak anak cucu kita bisa menikmatinya. (utg)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *