Pilgub Maluku 3 Paslon, Tetap Murad Ismail Masih Unggul

  • Whatsapp

JAKARTA,BERITA LIMA – Edison Lapalelo, Direktur Parameter Konsultindo mengakui, posisi Murad Ismail atau akrab disapa MI masih unggul dibandingkan 2 bakal calon gubernur Maluku lainnya.

Hal ini disampaikan Lapalelo saat diwawancarai BERITA LIMA, Kamis (22/08/2024), di Jakarta.

” MI sebagai petahana masih unggul dibandingkan Hendrik Lewerissa dan Jeffry Rahawarin. MI berdasarkan data kita, hasil survei nya tinggi. Bukan hanya lembaga survei kami, 11 lembaga survei lainnya rata-rata sama. Surveinya tinggi,” beber Lapalelo.

Kendati demikian, Lapalelo akui, semua kandidat berpeluang. RUU Pilkada pun, tidak akan merubah kondisi di Maluku. Tidak akan ada tambahan bakal calon lagi. Yang sudah pasti 3 pasangan bakal calon.
Karena, rata- rata partai besar yang bisa jalan sendiri, sudah mengusung ketiga bakal calon gubernur di Maluku.

” Soal menang dan kalah bagi ketiga pasangan, masih ada 2 bulan . Masih ada spasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, disinggung banyak masyarakat tidak percaya hasil survei, Lapalelo menjelaskan, hasil survei menjadi acuan bagi partai-partai politik untuk mengeluarkan rekomendasi bagi bakal pasangan calon.

Menurutnya, jika figur yang maju menjadi kontestan baik pilkada gubernur,bupati maupun wali kota survei nya tinggi jangan berpuas diri. Begitu pula kontestan yang survei nya rendah, sejak dini harus evaluasi diri.

” Sederhana saja, survei tidak menjustifikasi calon karena yang menetapkan lolos dan tidaknya adalah penyelenggara pemilu,” terangnya. (ulin)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait