Pirak Timu Jalan Rusak Parah, Kendaraan Terperosok Lumpur

  • Whatsapp
Situasi dan kondisi jalan rusak parah di kawasan Pirak Timu. (Suherman Amin)

Lhokseukon, Beritalima – Akibat Intensitas hujan yang masih tinggi di bulan Mei dan tiga hari belakangan banyak jalan yang rusak parah akibat dilaui truk bertonase tinggi sehingga jalan banyak yang hancur namun tidak kunjung diperbaiki.
Jalan yang terparah rusaknya jalan antar gampong kecamatan Pirak timu kabupaten Aceh Utara mengalami kerusakan yang parah menyebabkan, kendaraan roda empat mengalami kesulitan, hingga terjebak di jalan yang rusak saat melewatinya.
Ketua forum Keuchiek kecamatan Pirak Timu kabupaten Aceh Utara, Tgk Abubakar Minggu (21/5) mengatakan kondisi jalan lintasan antara Gampong Ceumeucet, Gampong Matang Keh, dan Gampong Leupe, serta Teupin Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, Propinsi Aceh rusak parah akibatnya jalan tersebut susah untuk dilewati oleh kendaraan roda dua/empat karena jalan teramat licin dan berlumpur.
Dalam situasi dan kondisi hujan seperti saat ini badan jalan sepanjang ± 2000 meter, selalu dipenuhi lumpur dan genangan air. Jalan tersebut merupakan akses utama antar gampong (desa) bagi masyarakat menuju gampoeng-gampoeng (kampong-kampung ) lainnya di sekitar kawasan kecamatan Pirak Timu.
Menjurut Abubakar, kerusakan jalan sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu. Tetapi sepengetahuannya hingga saat ini belum ada perhatian dari pemerintah sehingga dalam kondisi hujan seperti sekarang bisa-bisa jalan tersebut untuk kebun pisang.
Dijelskan, akibat jalan yang rusak parah dan berlumpur saat musim hujan, sebuah mobik terperosok di jalan poros Pirak Timu, tepatnya di gampong Ceumeucet.
Dikeluhkannya pula, walau banyak tantangan dan resiko berbahaya bagi para pengguna jalan dengan kondisi ganasnya jalanan tanpa aspal dan rusak parah, namun ia sebagai masyarakat tidak dapat berbuat banyak.
“Kami masyarakat ini kasihan tidak bisa berbuat apa-apa dengan keadaan jalan seperti ini, kalau musim kemarau juga kita jalan ditutup debu, tapi kasihan juga kalau orang luar daerah datang dengan menggunakan kenderaan motor selalu mandi debu, sementara kalau ada hujan begini resikonya mobil yang tertanam dilumpur,” keluhnya.
Abubakar juga menyinggung selama ini ruas jalan yang sangat mendesak penanganannya kurang menadapat perhatian Pemerintah khususnya di kecamatan Pirak Timu hasil pemekaran kecamatan Matangkuli yang merupakan tergolong daerah tertinggal.
Sementara ruas jalan yang relatif masih baik terus mendapat perhatian. Ironis memang padahal sudah sangat mendesak perbaikan dan peningkatan beberapa ruas jalan Pirak Timu .
Menurut Tgk Abubakar, sangat perlu mendapat perhatian dan dukungan anggota Dewan mewakili rakyat Dapil IV Aceh Utara melalui komunikasi dengan instansi terkait untuk segera mendapat penangan.
“ Keruskan jalan ini membuat aktivitas masyarakat terhambat untuk itu saya mengharapkan pemerintah segera memperbaiki jalan ini”. Harap Ketua forum Keuchiek kecamatan Pirak Timu Tgk Abubakar. (SUHERMAN AMIN)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *