Pj. Gubernur Jatim Tinjau Progres Sirkuit Balap di Parang Magetan, Optimistis Rampung Akhir Tahun 2024

  • Whatsapp

MAGETAN, Beritalima.com-
Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono meninjau progres pembangunan sirkuit balap di Parang Kabupaten Magetan, Rabu (2/10/2024).

Sejak masterplan dibuat pada Desember 2023, kini progres pembangunan Sirkuit Balap sudah dalam tahap pengerjaan. Dimana area lintasan sudah diratakan dan mulai dilakukan penghalusan material sirkuit.

Ketika melihat pembangunan sirkuit lintasan balap, Pj. Gubernur optimistis sirkuit ini akan memiliki lintasan yang bagus sesuai dengan prototipe pembangunan.

“Insyallah kalau sesuai dengan kontraknya nanti tanggal 22 Desember 2024 sirkuit ini bisa selesai dan akan menjadi destinasi spot olahraga dan destinasi wisata sehingga bisa dinikmati warga Magetan,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, proses awal perencanaan sirkuit balap terinspirasi dan prestasi dari sosok Mario Aji pembalap Moto3 GP asal Magetan Jawa Timur.

Saat itu, Adhy menjabat sebagai Sekdaprov Jatim yang mengalokasikan Anggaran Rp 15 Milliar atas usulan dari Bupati Magetan setelah mendapat tugas dan perintah dari Gubernur Khofifah untuk membuat perencanaan pembangunan sirkuit.

Akan tetapi, setelah melihat dari RAB pembangunan, Sirkuit Standart Internasional ini diperkirakan menelan biaya Rp. 34 Milliar. Untuk itu, kekurangan dari alokasi yang dibutuhkan ini akan ditanggung bersama secara gotong royong dimana pada 2025 nanti.

Dimana Pemkab Magetan rencananya akan mengalokasikan Rp.5 Milliar. Tak hanya itu, investasi dan kerjasama dengan mitra atau perusahaan bidang olahraga bisa segera dilakukan.

Keberadaan sirkuit balap ini, merupakan wujud apresiasi pemerintah terhadap atlet yang berprestasi mengharumkan Indonesia di kancah internasional.

“Sirkuit ini jadi pengalaman dan pelajaran bahwa siapapun yang berprestasi mengharumkan negara, pemerintah akan memberi apresiasi,” sebutnya.

Pj. Gubernur meyakini, rampungnya sirkuit balap ini akan mendongkrak ekonomi dan ekosistem ekonomi pendukung lainnya di wilayah Magetan.

Sirkuit Balap Motor ini, lanjutnya diharapkan dapat mengenalkan kepada para pecinta balap ada sirkuit dengan kualitas nasional dibawah Gunung Bungkuk yang ada di Magetan Jawa Timur.

Terkait nama sirkuit Balap, Pj. Gubernur menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat Magetan yang memiliki nilai menarik sehingga menjadi icon baru kebanggaan masyarakat Magetan.

“Untuk nama sirkuit, kami serahkan kepada Pak Pj. Bupati dan Masyarakat Magetan. Cari nama yang mudah diingat dan dikenang seperti Sirkuit Mandalika karena Pantai Mandalika,” tegasnya.

Diharapkan adanya sirkuit balap di Magetan dapat melahirkan pembalap-pembalap yang hebat seperti Mario.

“Semoga bisa menginspirasi dan melahirkan atlet-atlet berprestasi seperti Mario Aji,” harapnya.

Ditemui awak media Pj. Gubernur menegaskan, bahwa Support dan dukungan akan terus diberikan kepada Mari Aji oleh Pemprov Jatim. Terpenting semua berdoa agar Mario Aji bisa naik kelas menembus Moto GP Internasional.

“Kami akan terus memberikan support dan dukungan serta komunikasi yang intens. Terpenting kita doakan agar Mario Aji bisa naik kelas menembus Moto GP Internasional,” tutupnya. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait