PLN Ajak Pemkab Pacitan Manfaatkan Layanan ‘Green Energy as a Service’

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur ajak Pemerintah Kabupaten Pacitan manfaatkan layanan ‘Green Energy as a Service’ (GEAS) sebagai upaya mendukung ‘net zero emission’.

Hal ini diwujudkan melalui penandatanganan ‘Memorandum of Understanding’ (MoU) terkait inisiatif GEAS bersama dengan Pemkab Pacitan, Rabu (25/9/2024).

Dalam nota kesepahaman tersebut disebutkan bahwa PLN dan Pemkab Pacitan sepakat untuk mengimplementasikan 2 paket utama, ‘Green Government’ dan ‘Multiguna Green Energy’, yang bertujuan meningkatkan penggunaan energi ramah lingkungan di sektor pemerintahan dan masyarakat umum di Kabupaten Pacitan.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ponorogo, Suzana Zein mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari komitmen PLN menuju target ‘Net Zero Emission’ 2060 dan dukungan terhadap percepatan transisi energi bersih khususnya di Kabupaten Pacitan.

“Kami berkomitmen menyediakan infrastruktur dan layanan yang mendukung penggunaan energi terbarukan, baik di sektor publik maupun swasta, sehingga dapat mendorong tercapainya target emisi nol bersih,” ujarnya.

Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji menyampaikan apresiasinya terhadap upaya PLN sekaligus berharap kerja sama tersebut menjadi langkah penting dalam mewujudkan Pacitan sebagai daerah percontohan dalam penerapan energi terbarukan.

“Kami berharap kerja sama ini berdampak baik untuk masyarakat Pacitan,” ucap Bupati.

Pada kesempatan yang berbeda, PLN juga menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan infrastruktur kelistrikan di sektor pariwisata, terutama untuk mendukung destinasi wisata di Kabupaten Blitar.

Hal tersebut diwujudkan melalui pembangunan jaringan listrik di kawasan Wisata Pantai Pudak, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Dimulainya proyek pembangunan infrastruktur kelistrikan tersebut telah ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama pada 21 September 2024.

Di kawasan wisata itu rencananya akan dibangun infrastruktur kelistrikan dengan pemasangan 43 tiang listrik yang memiliki kapasitas daya sebesar 23,6 kVA.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, mengatakan, PLN menggencarkan kolaborasi bersama stakeholder untuk mendukung berbagai sektor termasuk pariwisata guna mendorong peningkatan ekonomi lokal.

“PLN berkomitmen untuk terus mendukung upaya pengembangan infrastruktur kelistrikan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah-daerah wisata potensial,” ujar Agus.

“Kami juga terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan tersedianya listrik yang memadai untuk mendukung potensi wisata,” imbuhnya.

Bupati Blitar, Rini Syarifah menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi yang terjalin antara PLN dan Pemkab Blitar dalam mendukung pengembangan kawasan wisata Pantai Pudak.

“Infrastruktur dasar, termasuk listrik sangat penting untuk mendorong kemajuan pariwisata daerah,” kata Rini. (Gan)

Teks Foto: MoU terkait inisiatif GEAS di Kabupaten Pacitan (atas), dan dukungan pengembangan kawasan wisata Pantai Pudak, Blitar (bawah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait