PLN Tanam Ribuan Pohon di Banyuwangi dan Sumenep

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com | Komitmen peduli lingkungan kembali diwujudkan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur dengan menggelar aksi tanam pohon di Banyuwangi dan Sumenep. General Manager PLN UID Jawa Timur Agus Kuswardoyo mengatakan, ini merupakan bagian dari implementasi Environment Social and Governance (ESG).

“Pada kesempatan kali ini kami menanam 1.250 pohon di Banyuwangi dan 500 pohon di Sumenep. Ini bertepatan juga dengan memperingati Hari Lingkungan Hidup, yang sebelumnya kami peringati dengan aksi bersih sampah di Tanjung Sedati,” papar Agus, Rabu (10/7/2024).

Di Banyuwangi, PLN menggandeng Dinas Pertanian Banyuwangi, Pemerintah Desa Kalibaru Manis, Forum Desa Tangguh Bencana dan Kelompok Masyarakat Desa Hutan di wilayah sekitar Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru.

Disebutkan, acara ini juga sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak banjir bandang yang pernah terjadi di daerah ini pada November 2022 dan Maret 2023 akibat kurangnya tanaman pengikat ketika musim hujan tiba.

Sebanyak 1.250 pohon terdiri dari 50 Pohon Mahoni, 1.000 Pohon Salam, dan tanaman produktif berupa Durian serta Petai masing-masing 100 batang ditanam di sela Pohon Kopi.

Kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat berupa konservasi daerah yang pernah terdampak banjir agar tidak terjadi banjir longsor kembali jika memasuki musim penghujan.

Respons positif diperoleh dari partisipan yang terlibat. Mereka juga berharap kegiatan ini akan menjadi rangkaian kegiatan tahunan dalam upaya konservasi alam di Kabupaten Banyuwangi, khususnya lereng Gunung Gumitir.

Perwakilan Forpimka Kalibaru, Joko Kriswantoro, mengatakan, kegiatan ini merupakan sinergi dari beberapa pihak. “Semoga kegiatan ini merupakan awal yang baik dan dapat berkelanjutan untuk menahan erosi, sehingga ketika hujan turun tidak sampai terjadi bencana alam,” ujarnya.

“Kedepannya kita akan terus bersama-sama untuk melestarikan lingkungan, dan apa yang telah kita tanam dapat bermanfaat untuk naungan tanaman kopi serta untuk kehidupan masyarakat pada khususnya,” tambahnya.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banyuwangi Danang Setiawan mengatakan, sinergi antar stakeholder dan masyarakat dengan penanaman pohon ini diharapkan dapat menahan terjadinya longsor di kawasan atas lembah Gunung Gumitir.

“Ini memang agenda rutin tahunan. Sebelumnya pada tahun 2023 kami telah menanam 3.000 pohon di Songgon untuk konservasi. Upaya kepedulian terhadap lingkungan ini sudah kami lakukan secara berkelanjutan tentunya dengan menggandeng pemerintah setempat,” kata Danang.

Sebelumnya, PLN juga telah menggandeng Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk melakukan penanaman 500 pohon. Dalam acara bertajuk Madura EV Day itu PLN dan Pemkab Sumenep berkolaborasi mendukung program pemerintah mencapai Net Zero Emission (NZE). (Gan)

Teks Foto: Aksi tanam pohon yang digelar PLN UID Jawa Timur belum lama ini. Selain di Banyuwangi, juga di Sumenep.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait