PLN Targetkan Tahun Ini 26.605 Rumah Tak Mampu di Jatim Dapat BPBL Gratis

  • Whatsapp

TUBAN, beritalima.com | PT PLN (Persero) telah berhasil sambung listrik 13.474 masyarakat prasejahtera di berbagai wilayah Jawa Timur melalui program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL). Program ini, targetnya pada tahun 2024 sebanyak 26.605 rumah tangga tak mampu di Jawa Timur.

Dalam acara penyalaan pertama program BPBL Provinsi Jawa Timur di Desa Talangkembar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Minggu (22/09/2024), Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero) yang diwakili Staf Ahli Direksi Priyo Wurianto mengatakan, PLN siap menjalankan tugas dari pemerintah untuk menyalurkan listrik gratis kepada masyarakat tidak mampu.

“PLN siap bekerjasama dengan seluruh lembaga strategis untuk pelaksanaan penyaluran program ini. Sebaran calon penerima bantuan BPBL di Kabupaten Tuban tahun 2024 terdapat 1.251 pelanggan, terbanyak ada di Kecamatan Montong yang hari ini kita nyalakan sebanyak 420 pelanggan,” kata Priyo.

Hadir dalam kesempatan ini, Koordinator Tenaga Teknik Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Heru Setiawan, mengatakan, program yang diinisiasi sejak tahun 2022 ini dilanjutkan kembali pada tahun 2024 dengan target 122.000 rumah tangga tidak mampu se-Indonesia.

“Saat ini rasio elektrifikasi hingga Juni 2024 sebesar 99,81% yang merupakan perbandingan dari jumlah rumah tangga yang sudah berlistrik dengan jumlah rumah tangga yang ada di Indonesia. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan membantu masyarakat untuk mendapatkan akses listrik adalah dengan program BPBL ini,” imbuhnya.

Konsisten percepat elektrifikasi 100%, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, mengatakan, melalui program BPBL, PLN siap bekerjasama dengan seluruh stakeholder dan mitra strategis.

Melalui program BPBL, masyarakat tidak mampu mendapat sambung listrik 900 VA bagi Rumah Tangga (RT) miskin belum berlistrik yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Lasiman, warga Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, berucap syukur mendapat bantuan penyambungan listrik secara gratis ini. Selama ini dia mendapatkan akses listrik dengan menyalur dari rumah mertuanya. “”Terimakasih banyak atas bantuan listrik yang diberikan, yang akan kami gunakan untuk kehidupan sehari-hari,” ujar pria umur 53 tahun ini. (Gan)

Teks Foto: Penyalaan pertama program BPBL Provinsi Jawa Timur di Desa Talangkembar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Minggu (22/09/2024),

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait