PMI Padang Gelar Donor Darah Selama Ramadhan

  • Whatsapp

PADANG,SUMBAR — Selama bulan puasa, Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Transfusi Kota Padang tetap menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan donor darah ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pendonor menyumbangkan darahnya dalam rangka memenuhi kebutuhan darah bagi pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah.

Kegiatan donor darah PMI Kota Padang selama bulan puasa tersebut digelar di SJS Plaza Jalan Joni Anwar, Lapai Kecamatan Nanggalo. Donor darah dimulai Senin (6/6) sampai tanggal 4 Juli 2016 mendatang.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengapresiasi upaya yang dilakukan PMI Kota Padang tersebut, karena biasanya dalam bulan puasa sepi pendonor. Sementara, pasien rumah sakit yang membutuhkan darah tetap tinggi.

“Langkah ini perlu diapresiasi karena pada bulan puasa biasanya sepi pendonor sementara kebutuhan tetap tinggi,” katanya, Senin (6/6).

Dengan langkah tersebut, katanya, diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya kekurangan stok darah. Dari laporan yang diterima, kebutuhan darah rata-rata sedikitnya 100 kantong per hari di Kota Padang.

Sementara itu, Walikota Padang yang juga Ketua PMI Kota Padang H. Mahyeldi Datuk Marajo menyatakan, selama bulan puasa ini PMI Kota Padang menargetkan minimal mendapatkan 3.000 kantong darah. Khusus untuk donor darah di SJS Plaza ditargetkan mendapatkan 1.500 kantong darah.

Pendonor bukan saja dari para pengunjung dan karyawan SJS Plaza, tetapi beberapa kelompok masyarakat seperti Himpunan Bersatu Teguh (HBT) dari kawasan pecinan Kota Padang juga sudah mendaftarkan 300 orang pendonor. Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintahan Provinsi dan ASN Pemko Padang juga diimbau untuk ikut serta mendonorkan darah.

(rel/rki)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *