Polisi di Trenggalek Iuran Demi Tambal Jalan Berlubang di Kecamatan Kampak

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Sudah banyak pengguna jalan menjadi korban kerusakan jalan di wilayah kerjanya, polisi gerak cepat (gercep) membantu melakukan penambalan. Hal tersebut dilakukan oleh anggota Polsek Kampak, di ruas jalan raya baru Kampak masuk desa Bendoagung Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek pada Rabu, (11/9/2024).

Masih dengan menggunakan pakaian dinas lengkap, beberapa petugas terlihat membuat adonan semen, pasir dan koral. Sementara anggota yang lain bergantian menuangkan adonan semen pada lubang jalan.

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, melalui Kapolsek Kampak Iptu Henri Agus S, mengatakan jika pihaknya menginisiasi kegiatan dimaksud dikarenakan kondisi jalan berlubang sudah meresahkan. Apalagi, kerap menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Terlebih saat malam hari dimana pengendara harus ekstra hati-hati dan bisa bermanuver agar tidak sampai terjerembab akibat jalan yang rusak atau berlubang.

“Kondisi jalan memang cukup banyak lubang dengan ukuran 30 sampai 50 cm dan yang kita tambal kurang lebih ada 500 meter,” sebutnya.

Iptu Henri menambahkan, aksi sosial kemanusiaan berupa penambalan jalan swadaya ini sengaja dilakukan sebagai respon cepat atas berulangnya insiden pengendara jatuh akibat jalan berlubang. Meski tidak sampai luka parah, namun kecelakaan tersebut tetap saja dapat membahayakan masyarakat maupun pengguna jalan lainnya.

Oleh sebab itu, pihaknya bersama anggota kemudian secara sukarela iuran dan setelah terkumpul dibelikan material. Baik itu berupa pasir, semen dan koral yang akan digunakan untuk penambalan sementara jalan tersebut.

“Kebetulan juga kita ada program Seru atau sedekah seribu rupiah sehari, kita tambah dengan hasil iuran sukarela tadi. Kita manfaatkan untuk kegiatan sosial. Salah satunya menembel jalan yang rusak,” imbuh mantan Wakapolsek Durenan itu.

Dirinya pun berharap, meski mungkin tidak bisa membackup keseluruhan, namun langkah kecil dari seluruh anggota Polsek Kampak tersebut bisa membawa yang lebih besar untuk masyarakat serta meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Meski tidak seberapa, minimal bisa membantu para pengguna jalan yang melintas. Sehingga lebih aman dan tentunya juga nyaman. Tidak gronjal-gronjal lagi,” pungkas Kapolsek Kampak. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait