Polsuska Daop 8 Surabaya Juara Umum “Railway Police Award 2023”

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sebanyak 50 perwakilan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) dari seluruh wilayah kerja PT KAI (Persero), yaitu 9 Daerah Operasi di Pulau Jawa dan 4 Divisi Regional di Sumatera, mengikuti ajang “Railway Police Award (RPA) 2023” yang diselenggarakan di kantor KAI Daop 8 Surabaya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai Rabu (6/9/2023) sampai Jumat (8/9/2023). Para petugas Polsuska ini mengikuti kompetisi dalam kegiatan RPA 2023 yang terdiri dari 3 kategori, yaitu Kategori Pengamanan Jalur KA, Kategori Pengelolaan Lost and Found, dan Kategori Pengamanan Operasi KA.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan, “Railway Police Award 2023” ini ajang untuk melatih dan meningkatkan kemampuan baik secara teori maupun praktek bagi petugas Polsuska, di samping sebagai sarana berbagi pengalaman selama bertugas di masing-masing wilayah kerja KAI.

Setiap daerah memiliki karakter masyarakat, budaya yang berbeda, dan cara menangani masalah yang berbeda. Ini merupakan kesempatan untuk berbagi pengetahuan permasalahan dan solusi penyelesaiannya.

“Kegiatan ini rutin dilakukan tiap tahun dan berganti tempat penyelenggara,” tambah Luqman Arif.

Selain mempertontonkan kemampuan beladiri karate secara perorangan maupun beladiri karate secara beregu, seluruh peserta juga diharuskan mempresentasikan kemampuan pemahaman pengetahuan ‘Standard Operasional Prosedure (SOP)’ saat berdinas.

Kemampuan cara penyampaian dan pemahaman aturan ini penting, karena Polsuska merupakan bagian dari ‘frontliner’ yang berinteraksi langsung dengan pelanggan, masyarakat, para tokoh masyarakat, hingga pejabat di tingkat kewilayahan.

Sementara itu, kompetisi beladiri juga dihadirkan sebagai bentuk apabila petugas dihadapkan pada situasi yang membutuhkan tindakan represif, seperti berhadapan pelaku kriminal di atas KA, di stasiun, maupun di jalur KA, yang membutuhkan kemampuan beladiri yang mumpuni.

Dalam kegiatan “Railway Police Award 2023”, KAI menghadirkan dewan juri profesional di bidangnya untuk melakukan penilaian para peserta. Dimulai dari juri internal KAI, dan dari Dewan Guru INKAI Ir. Wahyudi, serta perwakilan Pengurus Pusat INKAI.

Secara penjurian, juara umum pada kegiatan “Railway Police Award 2023” ini diraih Daop 8 Surabaya, setelah berhasil merebut Juara 1 di Kategori Pengamanan Jalur KA dan Kategori Pengelolaan ‘Lost and Found’, serta Juara 2 Kategori Pengamanan Operasi KA. Di kategori tersebut terakhir, Juara 1 dimenangkan Daop 2 Bandung.

“Penyelenggaraan “Railway Police Award 2023″ tidak lain untuk membangun moril dan mental petugas Polsuska sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan KAI,” pungkas Luqman. (Gan)

Teks Foto: Beladiri karate dslam “Railway Police Award 2023” yang digelar Kantor KAI Daop 8 Surabaya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait