PQ AL-Qahar Desa Falahu, Santriawan dan Santriwati Mengaji hingga Khatam Qur’an

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA,beritaLima,com – Sebanyak 136 Santriawan dan Santriwati Taman Pengajian Al-Qur’an (TPQ) Pos Desa Falahu, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) melakukan khataman Al – Quran secara massal yang bertempat didepan Masjid Nurul Akbar Desa Falahu, Sabtu (27/03/21) kemarin.

Pelaksanaan acara Khatam Al Qur’an kali ini dengan tema “Dengan Al-Qur’an Kita Ciptakan Generasi Qur’ani Yang Berakhlakul Karimah”. Para Santriawan dan Santriwati yang mengikuti khataman Qur’an ada dari kalangan orang dewasa, remaja maupun anak-anak.

Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula sangat dikenal dengan kebudayaan Islamnya yang sangat kuat serta budaya adat istiadatnya yang masih kental, salah satunya dimasing-masing desa pasti ada Taman Pengajian Al-Qur’an (TPQ), baik dirumah maupun di masjid -masjid.

Dalam pelaksanaan acara khataman Qur’an diadakan beberapa kegiatan yakni Pembukaan, Pembakaran Kemenyan dan Pembacaan Hadrat oleh Imam Desa Falahu sekaligus Khatam Al Qur’an oleh Santriawan dan Santriwati Al-Qahar Pos Falahu,

Kemudian penyerahan Al-Qur’an oleh ayahanda guru besar Al-Qahar Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) pribadi, Ahmad Tuhulele kepada Santriawan dan Santriwati Pos Al-Qahar Falahu serta sambutan Ketua Posko Al-Qahar Falahu Yusri Umaternate dan dilanjutkan dengan Sekapur Sirih.

Pada saat memberikan sambutan, ketua Posko Al-Qahar Falahu Yusri Umaternate menyampaikan “ada beberapa indikator yang menjadi dasar berdirinya taman pengajian Al-Qahar Pos Falahu, yang pertama banyaknya pemuda di desa Falahu yang masih buta baca Al-Qur’an, “ungkap Yusri.

Lanjut Yusri, Kedua termotifasinya gerakan pemuda dan orang tua di desa-desa tetangga tangga telah melakukan pembinaan keagamaan khususnya di pemberantasan buta baca Al-Qur’an m lalui Al-Qahar, yang ketiga banyaknya peminat baik dari kalangan anak-anak, pemuda dan orang tua untuk mau belajar mengaji.

Dan yang berikut dukungan yang sangat tinggi dan positif dengan memasuki Al-Qahar di Desa Falahu, perjalanan taman Pengajian Al-Qahar Pos Falahu sampai dengan saat ini satu tahun dengan jumlah Santriawan dan Santriwati atau anggotanya sebanyak 136 Santri, sungguh banyak yang terjadi perubahan-perubahan di diri anak-anak, pemuda maupun orang tua di Desa Falahu dengan hadirnya taman Pengajian Al-Qahar, “katanya

Disela-sela kegiatan tersebut, Ketua Posko Al-Qahar Falahu, Yusri Umaternate menuturkan, untuk para generasi muda agar sejak dini, mari kita menanamkan minat baca Al-Qur’an, karena Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat islam”.himbaunya

Dalam acara khatam Qur’an tersebut juga hadir para bapak-bapak haji, ibu-ibu hajah yang ada di Desa Falahu maupun dari desa -desa tetangga, tokoh agama dan para Majelis ta’lim serta TPQ AL-Qahar dari beberapa desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Sula.[DN]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait