PTS SE-Aceh tandatangani Mou Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Malaysia

  • Whatsapp

Bireuen,beritalima – Dalam rangka menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi yang ada di Malaysia, Kopertis wilayah XIII Aceh melaksanakan Diskusi Panel dan Stadium General Internasional dan melakukan penandatangan MoU dengan beberapa Perguruan Tinggi dari Malaysia.

     Kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium Academik Center (AAC) Ampon Chik Peusangan kampus Universitas Almuslim.
         Rektor Univeritas Almuslim Dr. H. Amiruddin Idris, SE, M. Si kepada andalas Rabu (26/10) menyebutkan, pihaknya selaku tuan rumah menyampaikan  terima kasih kepada Kopertis Wilayah XIII Aceh telah mempercayai Umuslim untuk menjadi tuan rumah dalam acara Kerjasama Internasional ini.
         “Universitas Almuslim berbeda dari Perguruan Tinggi manapun yang ada di Aceh, jangankan di Aceh tapi Indonesia karena Umuslim telah berdiri semenjak dari masa penjajahan belanda, masyarakat Peusanganlah yang pada umumnya membangun Almuslim pertama kali karena berniat untuk mencerdaskan anak bangsa,”jelas Rektor Umuslim, Dr.H. Amiruddinm,SE.M.Si
         Disebutkan, dalam perjalanan proses  membangun pendidikan tersebut banyak rintangan dan tantangan yang di alami yayasan tersebut, sehingga sampai tahun 1970 Almuslimfakum, akan tetapi di dalam tahun itu juga masyarakat Peusangan merintis kembali organisasi yang telah fakum tersebut dengan merobah namanya menjadi Yayasan Almuslim Peusangan  dan sampai sekarang.
         “Alhamdulillah berkembang pesat dengan kerjasama internasional ini akan membangun kembali semangat bersaing kita dalam kancah nasional maupun internasional karena pada umumnya Aceh adalah suatu wadah pendidikan yang sangat populer pada masa dahulu sehingga mahasiswa yang dari Luar Negeripun turut belajar di Universitas-Universitas yang ada di Aceh,”urai H.Amiruddin Idris..
         Dan Umuslim dalam kesempatan kerjasama yang ditandatangani ini lebih memfokuskan hadirnya program studi S2 (Magister) di universitas yang dipimpinya, karena semua fasilitas untuk proses penyelenggaraan jenjang S2 tersebut sudah disiapkannya jeals H.Amiruddin Idris.
         Sementara, Koordinator Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof. Dr. Jamaluddin, M. Ed  menyampaikan banyak terima kasih kepada para tamu Malaysia yang telah senantiasa hadir dalam Kerjasama antara Kopertis Wilayah XIII Aceh dan Perguruan Tinggi Malaysia. selanjutnya Kopertis Wilayah XIII ini hanya sebagai mediasi untuk penandatangan Mou PTS yang ada di Aceh dengan Perguruan Tinggi Malaysia.
         Kemudian Prof. Jamal mengatakan Kerjasama Internasional ini adalah salah satu cara untuk menghadapi persaingan MEA kedepan di indonesia maupun Internasional, melalui kerjasama ini nanti akan adanya tamatan doktor doktor dan profesor-profesor baru dari Perguruan Tinggi Luar Negeri khususnya malaysia, dengan adanya tamatan ini guna untuk membangun SDM di Perguruan Tinggi Swasta khususnya di Aceh.
         Dikatakan,setiap kesuksesan karena adanya usaha yang keras, apabila ada kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda.
         “Dengan Mou ini mari kita sama-sama berusaha untuk berubah Perguruan Tinggi kita di mata Indonesia maupun dunia sekaligus membuka acara ini dengan resmi,”katanya.
         Adapun Perguruan Tinggi dari Malaysia yang hadir  University Pendidikan Sultan Idris (UPSI), University Kuala Lumpur, University Malaysia Pahang dan University Teknologi Mara.
         Acara ini  turut dihadiri pimpinan-pimpinan Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Aceh, Ketua Aptisi Aceh Ir.Hidayatullah Daod,MT, para dosen dan mahasiswa. (Suherman Amin)
beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *